Kompas.com - 07/05/2019, 04:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pesta demokrasi, pemilihan umum bukan hanya dirayakan oleh warga negara penyelenggara pemilu, melainkan juga bagi wisatawan mancanegara. Hal ini yanh terjadi di India, yakni pemilu yang menjadi ajang wisata. Paket tur wista pemilu ini ditawarkan oleh Askhar Travels.

"Ketika pemilu diselenggarakan di India, layaknya sebuah pesta meriah. Orang orang dari partai politik menyelenggarakan pesta, parade, dan acara lain untuk mempromosikan visi misi mereka," kata pendiri Ashkar Travels, Manish Sharma.

Sharma pertama kali menawarkan wisata pemilu pada 2012. Ia mengaku terinspirasi dari wisata pemilu yang diselenggarakan di Meksiko pada 2005.

Ternyata ide wisata pemilu India pada 2012 disambut baik oleh turis. Pada 2014 saat pemilu parlemen Sharma kembali membuka tur pemilu. Ada 5.200 turis yang mendaftar dan turut serta dalam wisata pemilu.

"Kami menemukan banyak orang yang tertarik mempelajari proses demokrasi di India. Bukan hanya detail kriteria dam sistem, tetapi juga pengalaman yang beragam. Ini cara melihat India dari sudut pandang yang berbeda," jelas Sharma.

Tahun ini Sharm amengaku sudah ada 10.000 turis yang mendaftar ikut serta dalam tur pemilu. Ia sendiri telah menyiapkan tim khusus untuk memandu turis selama enam sampai delapan hari tur pemilu, dengan 12 jadwal perjalanan yang berbeda.

Beragam aktivitas seperti berkunjung ke desa, bertemu dengan warga lokal pemilih, makan malam bersama politikus, sampai tur ke air terjun, menginap di resor mewah dan makan siang bersama politikus dengan latar Pegunungan Himalaya dapat dipilih dalam tur pemilu Askhar Travels.

Salah satu tur yang cukup diminati adalah napak tilas ke kampung halaman Mahatma Gandhi, Porbandar ke Ahmedabad.

"Aku cinta negaraku. Aku ingin memperlihatkan kepada turis berbagai warisan sejarah dan budaya kami. Dengan cara ini bahkan desa terpencil dapat terkoneksi dengan dunia," jelas Sharma.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.