Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Pantai di Sekitar Jalur Mudik Pantura, Cocok untuk Mampir

Kompas.com - 07/05/2019, 20:07 WIB
Rifqi Aufal Sutisna,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Apa Anda menggunakan kendaraan pribadi ketika mudik atau liburan? Tentu mengendarai kendaraan sendiri untuk menempuh jarak yang cukup jauh sangat melelahkan. Belum lagi kemacetan kerap melanda ketika musim mudik.

Jika Anda melintasi jalur pantura, Anda tak perlu takut penat atau kelelahan saat melenggang jauh ke kampung halaman. Banyak obyek wisata di sekitar jalur pantura yang bisa dikunjungi bersama keluarga sambil refreshing, salah satunya pantai.

Berikut KompasTravel merangkum beberapa wisata pantai yang bisa Anda kunjungi ketika melintasi jalur pantura:

1. Wisata Pantai Bentar

Terletak di Jalur Pantura Mayangan, Karang Anyar, Probolinggo, Jawa Timur, Pantai Bentar menyuguhkan hamparan pasir yang cukup luas, berpadu langit biru dan ombak laut yang tenang.

Di sini juga terdapat spot instagramable untuk berfoto seperti di jembatan kayu, gazebo, atau pesona jejeran perahu nelayan. Ketika menjelang petang, pengunjung juga bisa memanfaatkan momen tersebut untuk mengambil foto sunrise dengan hamparan langit jingga.

Baca juga: Berburu Senja di Pantai Ungu...

Anak-anak juga tak perlu cemas. Pasalnya, di sini terdapat beberapa wahana anak seperti perosotan, ayunan, dan jungkat-jungkit. Ada juga wahana kerata yang bisa dimanfaatkan untuk berkeliling pantai.

Tiket masuk wisata Pantai Bentar hanya berkisar Rp 5000 per orang untuk orang dewasa dan Rp 4000 per orang untuk anak-anak. Wisata ini buka dari pukul 08.00 WIB dan tutup pukul 05.00 WIB.

2. Pantai Pasir Kencana

Pantai ini terletak di Jalan Pantai, Wonokerto, Pekalongan. Pantai Pasir Kencana berbatasan dengan tempat pelelangan ikan atau pelabuhan perikanan nusantara di Pantura.

Jadi selain berwisata, Anda dapat melihat hasil tangkapan laut yang masih segar.

Pengunjung bisa menikmati keindahan pantai dan merasakan romantisme di jembatan cinta ketika melihat pemandangan matahari terbenam menjelang sore.

Jika menunjungi pantai pada Jum'at Kliwon, Anda bisa melihat pertunjukan pagelaran bulanan di panggung kesenian.

Baca juga: Cantiknya Pesona Pantai Doreng di Sikka Flores yang Masih Perawan

Selain itu, ada juga wahana becak air dan jejeran warung makan yang bangkunya terbuat dari beton, menyediakan makanan dari olahan hasil laut. Area parkir di sini juga terbilang luas.

Jika ingin bermalam, pengelola menyediakan beberapa hotel di dekat dengan harga yang beragam, yakni Hotel Horison Pekalongan, Namira Syariah Hotel Pekalongan, dan Pesonna Hotel Pekalongan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com