5 Fakta Bukit Soeharto, Taman Hutan Raya di Kalimantan Timur

Kompas.com - 08/05/2019, 14:25 WIB
Presiden Joko Widodo meninjau kawasan Bukit Soeharto di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, yang menjadi salah satu lokasi calon Ibu Kota baru, Selasa (7/5/2019).Biro pers setpres Presiden Joko Widodo meninjau kawasan Bukit Soeharto di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, yang menjadi salah satu lokasi calon Ibu Kota baru, Selasa (7/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menyebutkan Kalimantan Timur memiliki infrastruktur yang mendukung untuk pemindahan ibu kota Indonesia. Hal ini ia sampaikan ketika meninjang kawasan Bukit Soeharto di Kecamatan Samboja, Kalimantan Timur.

Kawasan Bukit Soeharto merupakan salah satu lokasi yang diusulkan sebagai lokasi pemindahan ibu kota. Berikut adalah fakta mengenai Bukit Soeharto di Kalimantan Timur:

1. Menyandang Status Taman Hutan Raya

Kawasan Bukit Soeharto merupakan Tahura atau Taman Hutan Raya. Dahulu memiliki nama Taman Wisata Alam Bukit Soeharto. Area ini dilewati jika kita melakukan perjalanan dari Balikpapan ke Samarinda.

Baca juga: Membelah Bukit Soeharto di Timur Kalimantan

Tepatnya di sepanjang Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara. Total luas area 61.850 hektar.

2. Dimanfaatkan untuk Pendidikan Lingkungan

Di dalam akwasan Taman Hutan Raya Bukit Soeharto terdapat Pusat Reintroduksi dan Rehabilitasi Orangutan Wanariset Samboja dan hutan pendidikan Universitas Mulawarman.

3. Tidak Lagi Asri

Dahulu Taman Hutan Raya Bukit Soeharto masih layak disebut area konservasi dan banyak satwa yang menghuni hutan ini. Di sisi kiri dan kanan jalan hanya terlihat hijaunya hutan yang didominasi pohon akasia dan sungkai.

Taman Hutan Raya Bukit Soeharto terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.KOMPAS.COM/AMBARANIE NADIA KEMALA MOVANITA Taman Hutan Raya Bukit Soeharto terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.
Pada kunjungan Kompas.com tahun 2016, sebagian pohon tampak kecoklatan bekas terbakar. Di sisi jalan, terlihat beberapa pohon berdiameter besar tumbang. Agak menjorok ke dalam hutan, tampak lahan gundul seperti bekas kerukan.

4. Banyak Didirikan Bangunan Semi Permanen

Ada banyak bangunan semi permanen yang melanggar peraturan Taman Hutan Raya. Mulai dari tempat tinggal, toilet umum, dan warung makan di sepanjang jalan.

5. Lekat dengan Cerita Mistis

Warga setempat percaya Taman Hutan Raya Bukit Soeharto dahulu merupakan tempat pembuangan mayat dari penembakan misterius atau petrus pada masa pemerintahan Soeharto. Berbagai cerita mistis berkembang di antara warga setempat dan pejalan lintas Balikpapan-Samarinda.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X