Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fenomena Sungai "Pelangi Cair" Menakjubkan di Kolombia

Kompas.com - 08/05/2019, 22:10 WIB
Rifqi Aufal Sutisna,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda mengunjungi Caño Cristales selama Juni hingga November, Anda akan melihat fenomena alam menakjubkan di sana.

Di taman nasional Serranía de la Macarena, Provinsi Meta, Kolombia, ada sebuah sungai yang dikenal sebagai "sungai lima warna". Sungai sepanjang 62,1 mil tersebut mendapat julukan "pelangi cair".

Air sungai terlihat merah cerah, kuning, hijau, biru, dan hitam selama beberapa bulan. Jika ingin melihat warna cerah yang mencolok, Anda bisa melihat sungai pada bulan Juni dan November.

Ratusan ribu turis berduyun-duyun untuk menyaksikan fenomena tersebut setiap tahun. Namun, hal ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan ilmuan karena diklaim terancam overtourism.

Fenomena alam Pelangi Cair di KolombiaCNN Travel Fenomena alam Pelangi Cair di Kolombia

Kendati demikian Kepala Dewan Pariwisata ProColombia, Flacia Santoro mengatakan, pihaknya telah mengambil berbagai langkah untuk melindungi sungai dan daerah sekitarnya.

"Kami sangat membatasi pengembangan infrastruktur di sana dan wisata yang tersedia di taman secara eksklusif dijalankan oleh penduduk setempat," ujar Santoro seperti dilansir dari CNN Travel, Selasa (07/05/2019).

Baca juga: 5 Fenomena Alam Paling Memukau di Dunia

ProColombia juga telah memberlakukan batas kunjungan untuk wisatawan ke sungai dengan maksimal 200 pengujung per hari dan dalam satu kelompok pengunjung tidak boleh lebih dari tujuh orang.

Ada area kolam khusus di sungai, namun pengunjung tidak diperbilehkan berenang menggunakan krim surya atau semprotan serangga karena tanaman di sana peka terhadap bahan kimia.

Selain itu, wisatawan juga bisa melihat banyaknya satwa liar seperti kura-kura, iguana, aguilas (burung nasional Kolombia), dan beberapa spesies endemik.

Akses Masuk

Meskipun dimungkinkan untuk mengunjungi sungai tanpa memesan melalui agen travel, Anda tidak dapat mengunjunginya tanpa pemandu wisata berlisensi pemerintah.

Izin untuk mengunjungi taman juga harus diajukan terlebih dahulu melalui kantor taman nasional dan sebagian besar izin dialokasikan untuk agen wisatawan.

Jadi, disarankan untuk pesan paket wisata melalui agen travel. Tur tiga hari yang berangkat dari Bogotá mulai dari 750 peso Kolombia, sudah termasuk piknik di tepi sungai dan tiket pesawat atau bisa memesan dari The Colombian Way, pemandu wisata dalam negeri dengan harga berkisar 635 peso Kolombia.

Fenomena alam Pelangi Cair di KolombiaCNN Travel Fenomena alam Pelangi Cair di Kolombia

Sebagian besar tur kebanyakan berlangsung selama dua hingga empat hari untuk melihat area lain yang terdapat di taman. Kota terdekat dengan Caño Cristales adalah La Macarena.

Pastikan Anda membawa uang tunai yang cukup karena di kota tersebut hanya memiliki satu ATM. Anda juga memerlukan vaksinasi demam kuning atau meminum tablet anti-malaria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com