Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qantas Airways Lakukan Penerbangan Bebas Sampah Pertama di Dunia

Kompas.com - 09/05/2019, 09:04 WIB
Sherly Puspita,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Qantas Airways melakukan penerbangan bebas sampah pada Rabu (8/5/2019). Penerbangan ini menjadi penerbangan komersil tanpa sampah pertama di dunia.

Seluruh produk yang digunakan dalam penerbangan bernomor QF739 ini akan diubah menjadi kompos, digunakan kembali atau didaur ulang sehingga tak akan menjadi sampah yang menuju ke tempat pembuangan.

Sekitar 1.000 benda berbahan dasar plastik-sekali-pakai diganti dengan alternatif berkelanjutan atau dihilangkan dari penerbangan tersebut, termasuk kemasan sajian susu dan Vegemite.

Produk alternatif yang digunakan saat penerbangan ini mencakup wadah makanan yang terbuat dari tebu, serta peralatan makan yang berbahan dasar kanji dari tanaman.

Seluruh produk tersebut dapat sepenuhnya diubah menjadi kompos. Usai makanan dinikmati oleh penumpang, awak kabin Qantas yang disebut Green Team  mengumpulkan barang-barang yang tersisa untuk digunakan kembali, didaur ulang, atau diubah menjadi kompos, dalam beberapa arus pengolahan sampah.

Penumpang menggunakan boarding pass digital dan penanda tas elektronik apabila memungkinkan. Sementara, staf Qantas bertugas memastikan bahwa setiap boarding pass dan penanda tas dari kertas dibuang secara berkelanjutan.

Lounge Qantas di terminal domestik Bandara Sydney pun memiliki tema go green dengan penggunaan sejumlah alat pengolahan sampah untuk mendukung penerbangan bebas sampah perdana ini.

Penerbangan komersial bebas sampah pertama di dunia pagi ini mengudara dari Sydney ke Adelaide, Australia. Penerbangan yang dioperasikan oleh Qantas ini mengawali inisiatif maskapai tersebut untuk mengeliminasi 100 juta plastik-sekali-pakai pada akhir tahun 2020 dan memangkas 75 persen sampah yang dihasilkannya pada akhir tahun 2021.

CEO Qantas Domestic Andrew David mengatakan penerbangan uji coba ini merupakan tonggak bersejarah dalam perjalanan maskapai nasional Australia tersebut untuk memangkas sampah.

“Dengan kapasitas penumpang yang melebihi 50 juta orang setiap tahunnya, Qantas dan Jetstar saat ini menghasilkan jumlah sampah yang setara dengan berat 80 pesawat 747 yang terisi penuh. Kami ingin tetap menghadirkan pelayanan terbaik seperti yang pelanggan kami nikmati saat ini, tetapi tanpa ribuan sampah yang menyertainya,” kata David melalui keterangan tertulis.

Pesawat Qantas AirwaysQantas Airways Pesawat Qantas Airways
David mengatakan setiap penerbangan Qantas dapat menghasilkan 34 kilogram sampah, sehingga rute penerbangan Sydney-Adelaide menghasilkan 150 ton sampah setiap tahunnya.

Menurutnya, penerbangan hari ini merupakan kesempatan untuk menguji produk mah lingkunganr, menyempurnakan proses pengolahan sampah maskapai, dan mendapatkan masukan dari para penumpang mengenai keseluruhan layanan.

David menambahkan, dalam upayanya untuk mengeliminasi 100 juta plastik-sekali-pakai, setiap tahun pada akhir tahun 2020, Qantas dan Jetstar akan mengganti penggunaan 45 juta gelas plastik, 30 juta set alat makan, 21 juta cangkir kopi, dan 4 juta penutup sandaran kepala dengan bahan alternatif ramah lingkungan.

Menurutnya, maskapai memiliki kewajiban hukum untuk memusnahkan beberapa materi, seperti makanan yang dikaratina dari penerbangan internasional. Qantas akan bekerja sama dengan pemasok dan otoritas terkait untuk memangkas volume sampah jenis ini. Inisiatif pengurangan sampah Qantas ini dikenal dengan nama Proyek Bowerbird.

Adapun bowerbird adalah spesies burung endemik Australia yang gemar memanfaatkan kembali benda-benda plastik kecil untuk membangun sarangnya. Nama ini dinominasikan oleh seorang awak kabin dalam kompetisi internal antarstaf.

David menambahkan, penerbangan bebas sampah ini juga menawarkan 100 persen offset karbon.

“Qantas menjalankan skema offset karbon terbesar di industri penerbangan, di mana satu penumpang setiap menit menetralkan porsi emisi karbon yang dihasilkannya di penerbangan Qantas. Mulai pertengahan 2019, penumpang akan mendapatkan 10 Qantas Points untuk setiap dolar yang ia belanjakan demi mendapat offset karbon dalam perjalanannya dari Australia,” paparnya.

Skema ini menawarkan tingkat perolehan poin tertinggi di antara inisiatif Frequent Flyer lainnya Tahun lalu, Qantas mengoperasikan penerbangan pertama antara Australia dan Amerika Serikat yang berbahan bakar hayati, yang diproses dari biji mustar.

Selain itu, pada tahun 2012, Qantas dan Jetstar juga akan mengoperasikan uji coba penerbangan berbahan bakar hayati untuk yang pertama kalinya di Australia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com