Akses Menuju Bukit Soeharto, Calon Ibu Kota Baru yang Ditinjau Jokowi

Kompas.com - 09/05/2019, 14:05 WIB
Taman Hutan Raya Bukit Soeharto terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.KOMPAS.COM/AMBARANIE NADIA KEMALA MOVANITA Taman Hutan Raya Bukit Soeharto terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

JAKARTA, KOMPAS.com – Bukit Soeharto yang terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan timur disebut-sebut menjadi salah satu alternatif lokasi Ibu Kota Indonesia yang baru. Pada Selasa (7/5/2019) Presiden Joko Widodo alias Jokowi telah melakukan peninjauan di kawasan tersebut.

Adapun kawasan Bukit Soeharto merupakan Tahura atau Taman Hutan Raya. Dahulu memiliki nama Taman Wisata Alam Bukit Soeharto. Area ini dilewati jika kita melakukan perjalanan dari Balikpapan ke Samarinda.

Jokowi menilai, kondisi infrastruktur di Kalimantan Timur mendukung pemindahan Ibu Kota Negara RI yang saat ini berada di Jakarta meski masih perlu kajian dari aspek lainnya. Menurutnya, infrastruktur di Kalimantan Timur sudah cukup memadahi untuk mendukung rencana ini. Infrastruktur yang dimaksud  berupa bandara internasional, pelabuhan laut, dan tol.

"Artinya, itu akan menghemat banyak biaya," kata Jokowi ketika meninjau kawasan Bukit Soeharto di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Selasa (7/5/2019), seperti dikutip Antara.

Berikut KompasTravel merangkum akses menuju Bukit Soeharto dari Jakarta dengan memanfaatkan tiga infrastruktur transportasi tersebut.

Area check-in counter di terminal baru Bandara Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (13/8/2014). Terminal yang dibangun dengan investasi sebesar Rp 2 triliun dan memiliki luas 110.000 meter persegi ini mampu menampung 10 juta penumpang per tahun.KOMPAS IMAGES / RODERICK ADRIAN MOZES Area check-in counter di terminal baru Bandara Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (13/8/2014). Terminal yang dibangun dengan investasi sebesar Rp 2 triliun dan memiliki luas 110.000 meter persegi ini mampu menampung 10 juta penumpang per tahun.
Bandara

Bandara terdekat dari Bukit Soeharto adalah Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan International Airport atau kerap disebut Bandara Internasional Sepinggan yang berjarak 46 kilometer dari Kecamatan Samboja.

Dari Jakarta, Anda dapat langsung menuju Bandara Internasional Sepinggan melalui Bandara Soekarno-Hatta dengan maskapai penerbanagn Sriwijaya Air, Batik Air, Garuda Indonesia, dan Lion Air.

Selain itu, Bukit Soeharto juka dekat dengan Bandara  APT Pranoto yang diresmikan Jokowi pada Oktober 2010 di Samarinda. Jarak antara Bandara APT Pranoto dan Bukit Soeharto 103 kilometer.

Untuk menuju ke sana, Anda dapat melakukan penerbangan langsung melalui Bandara Soekarno-Hatta dengan maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan Batik Air.

Pekerjaan konstruksi Tol Balikpapan-Samarinda.PT Jasa Marga Pekerjaan konstruksi Tol Balikpapan-Samarinda.
Jalan Tol

Dari bandara, Anda dapat melanjutkan perjalanan via darat melalui Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) yang membentang sepanjang 99,35 kilometer yang terbagi dalam lima seksi.

Salah satu seksi, yaitu dari kilometer 13 hingga 22 kilometer ke depan jalan tol ini berada di Kecamatan Samboja, tempat Bukit Soeharto berada.

Adapun Bandara Internasional Sepinggan yang berjarak 46 kilometer dari Kecamatan Samboja. Jika menggunakan mobil pribadi, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 1 jam 25 menit untuk mencapai Kecmatan Samboja, tempat Bukit Soeharto berada.

Kemudian jarak antara Bandara APT Pranoto dan Kecamatan sambija sekitar 103 kilometer atau dapat ditempuh dalam waktu sekitar 3 jam dengan kendaraan pribadi.

Jadi bagaimana, tertarik mengunjungi salah satu calon kandidat ibu kota baru Indonesia?

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X