Nikmati Sajian Masakan Asia Tenggara Selama Ramadhan di Kota Malang

Kompas.com - 09/05/2019, 15:16 WIB
Sejumlah menu masakan asal Vietnam dan Thailand yang disajikan di Hotel Tugu, Kota Malang, Jawa Timur selama Ramadhan, Selasa (7/5/2019).KOMPAS.com/ANDI HARTIK Sejumlah menu masakan asal Vietnam dan Thailand yang disajikan di Hotel Tugu, Kota Malang, Jawa Timur selama Ramadhan, Selasa (7/5/2019).

MALANG, KOMPAS.com - Pengelola Hotel Tugu, Kota Malang menyediakan masakan khusus untuk menu buka puasa selama bulan Ramadhan.

Hotel bintang lima yang berlokasi di jantung Kota Malang, Jawa Timur itu menyediakan makanan dari negara-negara di Asia Tenggara untuk tamunya.

Marketing Communication Manager Hotel Tugu, Pratiwi Sasotya mengatakan, diantara makanan yang akan dihidangkan selama Ramadhan berasal dari masakan jalanan khas Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Thailand.

Sejumlah menu masakan asal Vietnam dan Thailand yang disajikan di Hotel Tugu, Kota Malang, Jaawa Timur selama Ramadhan, Selasa (7/5/2019).KOMPAS.com/ANDI HARTIK Sejumlah menu masakan asal Vietnam dan Thailand yang disajikan di Hotel Tugu, Kota Malang, Jaawa Timur selama Ramadhan, Selasa (7/5/2019).
Seperti char kway teow Penang yang merupakan kwetiauw goreng dengan udang dan kerang dan laksa lemak Melayu yang dibuat dengan santan segar dan pasta laksa.

Baca juga: 6 Tradisi Khas Bulan Ramadhan di Pulau Jawa

Selain itu juga ada bahn bao dengan daging bebek hangat yang terkenal di Hanoi, Vietnam serta som tam yang merupakan masakan asal Bangkok, Thailand.

Ada juga onde-onde, roti kukus dan kue thok dan lumpia yang merupakan jajanan khas Indonesia.

Sejumlah menu minuman asal Indonesia dan Malaysia yang disajikan di Hotel Tugu, Kota Malang, Jawa Timur selama Ramadhan, Selasa (7/5/2019).KOMPAS.com/ANDI HARTIK Sejumlah menu minuman asal Indonesia dan Malaysia yang disajikan di Hotel Tugu, Kota Malang, Jawa Timur selama Ramadhan, Selasa (7/5/2019).
"Jadi di tahun 2019 ini Hotel Tugu Malang memilih tema 101 street food of Asia karena kan memang untuk melestarikan budaya lokal dan negara-negara yang terdekat," katanya, Selasa (7/5/2019).

Untuk masakan asal Indonesia dan Malaysia tersedia di restoran Melati. Sedangkan untuk masakan khas Thailand dan Vietnam tersedia di restoran SaigonSan.

Pratiwi mengatakan, menu khas masing-masing negara itu dipilih untuk memanjakan tamunya saat berbuka puasa. Alasannya, wisatawan cenderung ingin menikmati masakan semasa kecil ketika berbuka puasa.

Jajanan pasar khas Indonesia yang disajikan di Hotel Tugu, Kota Malang, Jawa Timur selama Ramadhan, Selasa (7/5/2019).KOMPAS.com/ANDI HARTIK Jajanan pasar khas Indonesia yang disajikan di Hotel Tugu, Kota Malang, Jawa Timur selama Ramadhan, Selasa (7/5/2019).
"Tema ini juga kita pilih karena kalau kita ber Ramadhan kita kan pasti ingin makan makanan di waktu kita muda, di waktu kita kecil, nostalgia dan biasanya street food, jajan," katanya.

Menu khusus Ramadhan itu akan tersedia sampai menjelang Lebaran atau pada tanggal 4 atau 5 Juni.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X