Berbuka Puasa dengan Leker Tuna dan Pisang Krispi di Lhokseumawe

Kompas.com - 09/05/2019, 17:11 WIB
Pekerja menyiapkan leker tuna di Jalan Merdeka Utama, Kota Lhokseumawe, Aceh, Rabu (8/5/2019). KOMPAS.com/MASRIADIPekerja menyiapkan leker tuna di Jalan Merdeka Utama, Kota Lhokseumawe, Aceh, Rabu (8/5/2019).

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com - Sore itu, Rabu (8/5/2019), matahari mulai bergerak ke ufuk barat. Cuaca di Kota Lhokseumawe, Aceh, sepanjang hari itu agak mendung.

Sepanjang jalan merdeka utama, Kota Lhokseumawe mulai padat dilalui pengendara. Sebagian mereka mencari menu penganan untuk berbuka puasa.

Di pojok itulah, Banris ( Banana Krispi) berdiri. Persis di depan Masjid Baiturrahman, Kota Lhokseumawe. Tiga pekerja, semuanya perempuan, sibuk dengan urusan masing-masing.

Baca juga: Buka Puasa di Kedai Ini Bisa Bayar Pakai Doa

Kompor mereka mengepul. Pisang barangan dipotong-potong terlihat membujur rapi di perapian bersama minyak mendidih.

Pekerja menyiapkan pisang goreng krispi di Jalan Merdeka Utama, Kota Lhokseumawe, Aceh, Rabu (8/5/2019).KOMPAS.com/MASRIADI Pekerja menyiapkan pisang goreng krispi di Jalan Merdeka Utama, Kota Lhokseumawe, Aceh, Rabu (8/5/2019).
Aromanya menguap ke udara. Lakon itu dimulai sejak pukul 15.00 WIB hingga 24.00 WIB dinihari.

“Kalau tidak puasa, kami buka lebih awal. Ini selama puasa buka sejak jam tiga sore,” kata Susi, seorang pekerja di warung itu.

Baca juga: Pisang Plenet, Camilan Pinggir Jalan di Semarang

Pisang krispi itu aneka rasa, semisal rasa moca, cokelat, tiramisu dan milo. Ada juga paket komplet seluruh rasa. Rasa ini pula yang membedakan harga. Satu porsi dibanderol Rp 8.000 hingga Rp 18.000. Itu semua tergantung rasa yang dipilih pembeli.

“Sehari kami bisa jual 70 porsi. Namanya jualan, kadang laris, kadang tidak,” kata Susi.

Pekerja menyiapkan leker tuna di Jalan Merdeka Utama, Kota Lhokseumawe, Aceh, Rabu (8/5/2019).KOMPAS.com/MASRIADI Pekerja menyiapkan leker tuna di Jalan Merdeka Utama, Kota Lhokseumawe, Aceh, Rabu (8/5/2019).
Bukan hanya pisang, warung sederhana ini juga menyediakan leker tuna, mulai leker tuna mozzarella, kornet, sosis dan leker kebab. Soal harga, jangan khawatir, penganan lezat itu hanya Rp 17.000 per porsi.

“Ukurannya lumayan besar, cukup buat berdua satu leker tuna mozzarella. Bahannya padu padan tuna dan telur, jagung, rasanya enak,” sebut seorang pembeli Susi Astuti.

Pesan Dulu

Untuk mengatasi permintaan pembeli, pekerja warung itu menyediakan beberapa jenis pisang krispi yang telah digoreng. Dikemas rapi dalam kotak. Sehingga, ketika pembeli datang langsung tersedia.

“Atau bisa juga pesan dulu. Setelah itu pergi berbelanja kebutuhan lain, singgah di sini ketika pulang. Karena kami mengutamakan pisang itu masih panas ketika sampai di tangan pembeli,” kata Susi.

Pekerja menyiapkan pisang goreng krispi di Jalan Merdeka Utama, Kota Lhokseumawe, Aceh, Rabu (8/5/2019).KOMPAS.com/MASRIADI Pekerja menyiapkan pisang goreng krispi di Jalan Merdeka Utama, Kota Lhokseumawe, Aceh, Rabu (8/5/2019).
Dia menyebutkan, memesan dulu pisang itu menjadi alternatif bagi pembeli selama bulan Ramadhan. Maklum, waktu berbuka tidaklah terlalu lama.

“Kalau mengantre lama kan susah, sudah duluan tiba waktu berbuka eh pisangnya belum matang,” katanya sambil tersenyum.

Pisang goreng ini menjadi penganan lezat, dipadu dengan susu dan cokelat. Nah, tampaknya ini salah satu menu berbuka puasa yang harus dicoba. Selamat menikmati.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X