Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Masjid Paling Megah dan Bersejarah di Dunia

Kompas.com - 09/05/2019, 18:11 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bangunan masjid telah ada sejak lebih dari 1.000 tahun yang lalu sebagai tempat ibadah umat Islam. Masjid juga tersebar di berbagai penjuru dunia untuk memfasilitasi umuat Islam yang akan melaksanakan ibadah.

Banyak pula masjid di dunia yang kaya akan keindahan dan sejarah. Tentu masjid-masjid seperti itu layak dikunjungi. Bukan hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga untuk menikmati keindahan dan mempelajari sejarahnya.

Berikut ini adalah 4 masjid paling megah dan bersejarah di dunia:

1. Masjidil Haram

Tentu sebagian besar umat Islam di seluruh dunia pasti tahu Masjidil Haram. Di sana terdapat Ka’bah sebagai kiblat umat Islam saat melaksanakan kewajiban ibadah shalat. Banyak orang yang ingin bisa merasakan shalat Masjidil Haram ini.

Masjidil Haram Masjidil Haram
Tempat paling suci umat Islam ini juga begitu besar karena dapat menampung hingga empat juta orang selama pelaksanaan ibadah tahunan. Selain untuk haji, biasanya umat Islam juga berkunjung ke Masjidil Haram untuk melaksanakan ibadah Umrah.

Kakbah sebagai kiblat umat Islam telah dibangun jauh sebelum adanya Masjidil Haram. Kiblat umat Islam ini dibangun oleh Nabi Ibrahim dan putranya, Nabi Ismail.

2. Masjid Nabawi

Masjid Nabawi adalah masjid ketiga yang dibangun dalam sejarah Islam. Kini masjid yang dibangun langsung oleh Nabi Muhammad tersebut menjadi salah satu masjid terbesar di dunia.

Masjid Nabawi di Kota Madinah.Shutterstock Masjid Nabawi di Kota Madinah.
Tak hanya megah, kapasitas Masjid Nabawi bisa menampung hingga sebanyak satu juta jamaah. Kemegahannya semakin lengkap dengan adanya 10 menara setinggi sekitar 105 meter.

Di Masjid Nabawi inilah tempat makam Nabi Muhammad berada. Di sini pula terdapat makam dua sahabat nabi yang juga merupakan Khulafaur Rasyidin, yakni Abdullah bin Abu Quhafah atau Abu Bakar Ash-Shiddiq dan Umar bin Khattab.

3. Masjid Quba

Satu hal yang spesial dari Masjid Quba adalah, inilah masjid pertama di dunia. Masjid ini dibangun oleh Nabi Muhammad pada tahun 1 Hijriyah atau tahun 622 masehi. Lokasi masjid ini ada di Quba, sekitar 5 kilometer sebelah tenggara Kota Madinah.

Masjid Quba, masjid pertama di dunia.Shutterstock Masjid Quba, masjid pertama di dunia.
Meski merupakan masjid tertua di dunia, Masjid Quba tidak sebesar Masjidil Haram atau Masjid Nabawi yang bisa menampung hingga lebih dari satu juta orang. Masjid Quba bisa menampung hingga 20.000 jamaah.

4. Masjidil Aqsa

Masjidil Aqsa yang berada di Yerussalem ini merupakan salah satu situs sejarah umat Islam. Masjidil Aqsa pernah menjadi kiblat umat Islam sebelum berpindah ke Kakbah di Mekkah seperti sekarang.

Masjidil Aqsa.Shutterstock Masjidil Aqsa.
Masjidil Aqsa ini juga menjadi bagian dalam peristiwa Isra Mi’raj, perjalanan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsa kemudian ke langit untuk menerima perintah dari Allah agar umat Islam menjalankan shalat lima waktu setiap hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com