4 Masjid Paling Megah dan Bersejarah di Dunia

Kompas.com - 09/05/2019, 18:11 WIB
Masjidil Haram di Mekkah. ShutterstockMasjidil Haram di Mekkah.

KOMPAS.com - Bangunan masjid telah ada sejak lebih dari 1.000 tahun yang lalu sebagai tempat ibadah umat Islam. Masjid juga tersebar di berbagai penjuru dunia untuk memfasilitasi umuat Islam yang akan melaksanakan ibadah.

Banyak pula masjid di dunia yang kaya akan keindahan dan sejarah. Tentu masjid-masjid seperti itu layak dikunjungi. Bukan hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga untuk menikmati keindahan dan mempelajari sejarahnya.

Berikut ini adalah 4 masjid paling megah dan bersejarah di dunia:

1. Masjidil Haram

Tentu sebagian besar umat Islam di seluruh dunia pasti tahu Masjidil Haram. Di sana terdapat Ka’bah sebagai kiblat umat Islam saat melaksanakan kewajiban ibadah shalat. Banyak orang yang ingin bisa merasakan shalat Masjidil Haram ini.

Masjidil Haram Masjidil Haram
Tempat paling suci umat Islam ini juga begitu besar karena dapat menampung hingga empat juta orang selama pelaksanaan ibadah tahunan. Selain untuk haji, biasanya umat Islam juga berkunjung ke Masjidil Haram untuk melaksanakan ibadah Umrah.

Kakbah sebagai kiblat umat Islam telah dibangun jauh sebelum adanya Masjidil Haram. Kiblat umat Islam ini dibangun oleh Nabi Ibrahim dan putranya, Nabi Ismail.

2. Masjid Nabawi

Masjid Nabawi adalah masjid ketiga yang dibangun dalam sejarah Islam. Kini masjid yang dibangun langsung oleh Nabi Muhammad tersebut menjadi salah satu masjid terbesar di dunia.

Masjid Nabawi di Kota Madinah.Shutterstock Masjid Nabawi di Kota Madinah.
Tak hanya megah, kapasitas Masjid Nabawi bisa menampung hingga sebanyak satu juta jamaah. Kemegahannya semakin lengkap dengan adanya 10 menara setinggi sekitar 105 meter.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X