Mengenal Tugu Soekarno, Obyek Wisata yang Dikunjungi Jokowi di Palangkaraya

Kompas.com - 09/05/2019, 20:11 WIB

KOMPAS.com – Dalam agendanya mengunjungi beberapa daerah di Kalimantan untuk meninjau langsung calon ibu kota baru Indonesia, Presiden Joko Widodo alias Jokowi menyempatkan diri menyambangi Tugu Soekarno yang terletak di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Kunjungannya tersebut diabadiaknnya dalam akun instagram pribadinya, Kamis (9/5/2019).

Inilah tiang batu pertama yang menjadi penanda dibangunnya Kota Palangka Raya. Dipancangkan oleh Presiden Soekarno pada 62 tahun lampau tak jauh dari pinggir Sungai Kahyangan, tugu ini menjadi pengingat dibangunnya sebuah kota di tengah hutan belantara Kalimantan,” isi keterangan pada unggahan Jokowi.

Saya menyambangi Tugu Soekarno ii kemarin, saat tengah meninjau Kalimantan Tengah untuk melihat langsung salah satu lokasi yang jadi alternatif pemindahan ibu kota negara,” lanjutan keterangan dalam unggahan Jokowi.

Tugu ini merupakan landmark bersejarah Kota Parangkaya. Letaknya tak jauh dari Bundaran Besar sebagai pusat kota, tepatnya berada di Jalan S Parman, di sisi Sungai Kahayan yang merupakan sungai terbesar di Kalimantan Tengah.

Dalam buku berjudul ”Soekarno dan Desain Rencana Ibu Kota RI di Palangkaraya”, pada tahun pembuatan tugu ini, Sang Proklamator telah menggagas pemindahan ibu kota Indonesia ke kota Palangkaraya.

Ratusan warga Palangkaraya, Kalteng memeriahkan syukuran rakyat di Tugu Soekarno, Palangkaraya, Kalteng, Senin (20/10). Sebanyak 750 lampion dilepaskan ke langit Palangkaraya.Megandika Wicaksono Ratusan warga Palangkaraya, Kalteng memeriahkan syukuran rakyat di Tugu Soekarno, Palangkaraya, Kalteng, Senin (20/10). Sebanyak 750 lampion dilepaskan ke langit Palangkaraya.
Tujuan wisata

Tugu yang memiliki 17 pancang yang menandakan tanggal berdirinya ini menjadi salah satu tujuan wisata di Kota Palangkaraya. Tiang utama pada tugu ini memiliki tinggi sekitar enam meter. Di bawahnya tertulis pahatan yang berisikan kisah pembangunan pertama Kota Palangkaraya.

Tugu ini didesain sebagai taman di tengah kota. Pepohonan rindang dan tempat duduk berbentuk tribun yang mengelilingi tugu membuat wisatawan akan betah berlama-lama di sini.

Selain itu, letaknya yang berada di sisi sungai terbesar di Kalimantan Tengah membuat taman kota ini menjadi salah satu spot terbaik menikmati senja di tepi Sungai Kahayan dengan pemandangan Jembatan Kahayan.

Pada sore hari, wisatawan bisa menyaksikan indahnya matahari terbenam dari belakang Jembatan Kahayan. Di malam hari, wisatawan dapat menyaksikan indahnya Sungai Kahayan yang dihiasi lampu warna-warni.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.