Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Restoran di Kalimantan Timur untuk Penggemar Seafood

Kompas.com - 09/05/2019, 22:07 WIB
Rifqi Aufal Sutisna,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Kalimatan Timur belakangan ini gencar dibicarakan masyarakat Indonesia karena sempat disebut Presiden Joko Widodo cocok sebagai Ibu Kota baru menggantikan DKI Jakarta.

Di balik itu, Kalimantan Timur menyuguhkan hidangan kuliner menarik yang sangat cocok disantap untuk berbuka puasa. Terlebih, daerah ini terkenal dengan olahan hasil lautnya yang memanjakan lidah.

Berikut ini KompasTravel merangkum rekomendasi rumah makan seafood di Kalimantan Timur. Ini lima di antaranya:

1. Rumah Makan Tepian Pandan

Rumah makan ini terkenal dengan sajian "gence lais", yakni olahan ikan selais yang dibakar dan juga sate rusa berlemak rendah. Jika bosan dengan hidangan bakar, Anda bisa mencicipi udang air tawar yang rendah lemak dengan harga terjangkau.

Rumah makan Tepian Pandan terletak di Jalan Wolter Monginsidi, Tenggarong, Kalimantan Timur. Letaknya persis berada di tepian Sungai Mahakam.

2. Restoran Kenari

Sesuai namanya, restoran ini menyajikan berbagai macam olahan kepiting kenari atau kepiting saos seperti kepiting saus lada hitam, kepiting saus tiram, kepiting tanco, kepiting rebus, dan kepiting goreng.

Restoran Kenari beralamat di Jalan Marsma R. Iswahyudi No.5 Balikpapan Kalimantan Timur dengan kisaran harga Rp 71.000 sampai Rp 143.000.

3. Osean's Resto

Osean's Resto menawarkan hidangan seafood sambil disuguhi pemandangan pinggir laut dan live music. Beragam hidangan seperti ikan, udang, lobster, kepiting, dan sop ikan Palumara kudapan khas Makassar.

Letaknya berada di Jalan Jenderal Sudirman, Komplek Rukan Bandar Balikpapan Blok M dengan kisaran harga Rp 43.000 sampai Rp. 286.000.

4. Dandito

Menu andalan di sini adalah kepiting saus Dandito dengan bumbu campuran jahe, gula, bawang, dan cabai. Berbagai jenis teknik memasak tadi bisa diterapkan untuk kepiting jantan, kepiting soka, dan kepiting betina.

Dandito juga memiliki menu laut lain seperti ikan gurame, udang, dan ikang cakalang. Untuk Anda yang sedang diet, ada pilihan bebas gluten.

Dandito beralamat di Jalan Marsma Iswahyadi no.71 Balikpapan, Kalimantan Timur dengan kisaran harga Rp 130.000 sampai Rp 280.000.

5. Pondok Borneo

Rumah makan ini terkenal dengan kepiting asapnya yang khas dan dua kepiting telur yang dimasak hampir matang, ditempatkan di atas alumunium foil. Daging kepiting asap ataupun telurnya yang sudah matang begitu pas berpadu dengan bumbu khasnya yang terasa gurih dan manis.

Pondok Borneo bisa ditemui di Jalan Abul Hasan no.5 Samarinda dengan harga relatif terjangkau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com