Mengenal 4 Destinasi Wisata Alam Unggulan Kalimantan Timur

Kompas.com - 10/05/2019, 05:09 WIB
Pulau Derawan di Kalimantan Timur.BARRY KUSUMA Pulau Derawan di Kalimantan Timur.

KOMPAS.com - Kalimantan Timur merupakan provinsi yang menjadi kandidat lokasi pemindahan Ibu Kota. Selain Bukit Soeharto yang cukup menarik perhatian, Kalimantan Timur ternyata memiliki beragam kekayaan alam yang menjadikannya menarik sebagai lokasi wisata.

1. Pantai Sekerat

Pantai Sekerat memiliki pesona keindahan pantai, dengan air yang jernih dan pasir pantai yang berwarna putih. Dilansir dari situs resmi Provinsi Kalimantan Timur, Pantai Sekerat memiliki keindahan alam bawah laut dan keragaman terumbu karang serta ikan hias yang beragam.

Pantai Sekerat berada di Kecamatan Bengalon dan bisa ditempuh menggunakan jalur darat dari Sengata. Pantai ini memiliki indah jajaran nyiur pohon kelapa di sepanjang pinggir pantai dengan pemandangan bukit bebatuan di sisi barat maupun timur.

Ombak yang relatif kecil membuat pantai ini cukup aman untuk melakukan kegiatan berenang, memancing, maupun berperahu.

Untuk menuju kemari perjalanan bisa dimulai dari Balikpapan menggunakan jasa travel mobil Balikpapan-Sangata. Selanjutnya dari Kota Sangata perjalanan dilanjutkan ke Kecamatan Bengalon selanjutnya menuju Desa Sekerat dilanjutkan menggunakan jalur darat melintasi pemukiman penduduk.

2. Air Terjun Kedang Ipil

air terjun kedang ipilhttps://kaltimprov.go.id/ air terjun kedang ipil

Di Desa Kedang Ipil terdapat objek wisata menarik berupa air terjun yakni Air Terjun Putang dan Air Terjun Kandua Raya. Air Terjun Kendua Raya memiliki tiga tingkat dengan ketinggian mencapai lima meter.

Sedangkan Air Terjun Putang memiliki tinggi yang cukup lumayan dan akses yang cukup menantang. Di bawahnya terdapat  kolam pemandian Putri Selimbur Buyeh yang tidak terlalu dalam, sekitar 1-2 meter.

Dari situs resmi Provinsi Kalimantan Timur, untuk masuk ke air terjun cuma membayar Rp 3.000. Pengunjung juga bisa menggunakan sepeda motor pribadi atau menggunakan jasa ojek dengan tarif Rp 25.000 untuk tujuan Air Terjun Kandua Raya (PP) & Rp 50.000 untuk tujuan Air Terjun Putang (PP).

Jika ingin camping dikenakan biaya Rp 250 ribu per grup. JIka musim hujan tiba, juga bisa mencoba Tubing dari Air Terjun Putang menuju Kandua Raya, biayanya sekitar Rp 250 ribu per 5 orang, sudah termasuk ban / tube, life jacket dan helm.

3. Pulau Derawan

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X