4 Tips Berkendara Menuju Bendungan Candi Muncar Wonogiri

Kompas.com - 10/05/2019, 07:04 WIB
Naik sampan di Telaga Muncar, Wonogiri.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Naik sampan di Telaga Muncar, Wonogiri.

WONOGIRI, KOMPAS.com – Menikmati kesejukan alam pergunungan ternyata bisa dilakukan di Kabupaten Wonogiri. Hal itu karena Wonogiri memiliki satu obyek wisata dengan ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Baca juga: Menikmati Sejuk dan Asrinya Alam di Bendungan Candi Muncar Wonogiri

Obyek wisata itu adalah Bendungan Candi Muncar yang berada di lereng Pegunungan Lawu Selatan. Berada di ketinggian tersebut membuat sejuknya udara pegunungan begitu terasa di obyek wisata ini.

Jika hendak berkunjung ke Bendungan Candi Muncar, berikut 4 tips berkendara sampai ke sana:

1. Rute paling mudah

Bendungan Candi Muncar tepatnya berada di Desa Bubakan, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri. Butuh waktu sekitar satu jam perjalanan dari Kota Wonogiri untuk sampai ke sana.

Jika mengacu pada aplikasi Google Maps, petunjuk arah yang tersaji adalah rute tercepat untuk sampai ke sana. Namun, rute termudah adalah melalui Kecamatan Sidoharjo yang bisa ditempuh dengan menyusuri jalan utama Wonogiri-Ponorogo.

Nantinya sesampainya di Sidoharho, belok utara (kiri) di jalan Sidoharjo-Girimarto. Jalan ini berada di sebelah barat Pasar Sidoharjo. Selanjutnya tinggal ikuti jalan utama. Menjelang sampai tujuan, sudah ada plang penunjuk jalan menuju Bendungan Candi Muncar.

2. Pastikan kendaraan kuat menanjak

Berada di ketinggian sekitar 1.000 mdpl, kondisi jalan menuju Bendungan Candi Muncar tentu akrab dengan tanjakan. Kondisi paling menanjak akan sangat terasa menjelang sampai di tujuan.

Tentu kondisi jalan seperti itu membutuhkan kendaraan yang kuat melalui tanjakan. Bagi mereka yang berboncengan, kekuatan kendaraan mutlak menjadi kebutuhan. Pilih kendaraan dengan kapasitas mesin besar yang kuat menanjak, setidaknya 110 cc.

Baca juga: Perjalanan Menembus Hutan dan Semak Menuju Air Terjun Muncar Wonogiri

Selain itu, dibutuhkan pula keberanian dan keandalan pengendara untuk melewati jalan itu. Lebih baik jika pengendara sudah cukup berpengalaman melewati jalan menanjak di pegunungan.

3. Waspada jalan licin

Halaman:



Close Ads X