Posisi Favorit dan Rekomendasi Kursi Penumpang Bus AKAP

Kompas.com - 11/05/2019, 13:13 WIB
Jenis kursi yang digunakan oleh PO Agra Mas untuk bus tingkat AKAP rute Jakarta-Jepara. Dokumentasi Agra MasJenis kursi yang digunakan oleh PO Agra Mas untuk bus tingkat AKAP rute Jakarta-Jepara.

JAKARTA, KOMPAS.com - Semua orang punya kursi favorit saat menumpang transportasi umum, tidak terkecuali saat menumpang bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Terutama saat perjalanan yang ditempuh jarak menengah atau jarak jauh.

Belasan jam dihabiskan di bus saat naik bus. Oleh karena itu, posisi kursi dapat menentukan kenyamanan penumpang.

"Tergantung penumpangnya, biasa ada dua aliran penumpang yang suka lihat jalan atau yang memilih untuk istirahat," jelas pengamat transportasi bus AM Fikri dihubungi KompasTravel, Kamis (9/5/2019).

Penumpang yang suka melihat jalan umumnya akan memesan tiket di bagian paling depan. Terutama jika bus tersebut bus tingkat. Biasanya posisi itu akan memberi sensasi layaknya menyupir bus. Jendela depan bus memang berukuran sangat besar.

"Penumpang yang suka lihat jalan ini biasanya senang lihat bus berbalapan," kata Fikri.

Penumpang yang memilih istirahat selama perjalanan, cenderung memilih kursi yang berlokasi di bagian tengah bus.

Pada bus tingkat atau double decker, Fikri menyebutkan posisi paling sedikit guncangan ada di bagian dek atas, deretan belakang.

Untuk yang mudah mabuk perjalanan, terutama yang disebabkan karena kondisi jalan yang berkelak kelok, Fikri menyarankan ambil kursi di bagian depan sehingga perhatian dapat teralih dengan melihat jalanan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X