Kompas.com - 11/05/2019, 17:03 WIB

KOMPAS.com - Indonesia memiliki banyak masjid yang menyajikan menu buka puasa selama bulan Ramadan. Di antara semua masjid-masjid yang ada di Indonesia, ada beberapa masjid yang memiliki sajian menu berbuka puasa yang unik dan khas.

Saking hanya ada di bulan puasa, menu-menu buka puasa di beberapa masjid ini menjadi sangat dinanti dan membuat orang penasaran untuk mencobanya.

Mana saja masjid-masjid di Indonesia yang menghadirkan menu buka puasa unik selama bulan Ramadan? Berikut KompasTravel mencoba merangkumnya

1. Bubur Samin di Masjid Darussalam

pembagian bubur samin di Masjid DarussalamKOMPAS.com/NUR ROHMI AIDA pembagian bubur samin di Masjid Darussalam
Bubur Samin merupakan sajian khas Masjid Darussalam Solo. Bubur Samin memiliki rasa khas rempah-rempah yang kuat dan dimasak menggunakan campuran daging dan sayur.

Setiap bulan Ramadan warga sekitar maupun warga dari berbagai wilayah datang kemari demi mengantre bubur ini. Sebanyak 50 kg beras dimasak setiap hari untuk dijadikan sajian Bubur Samin ini

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Harus Coba Bubur Samin saat Safari Ramadhan di Solo!

2. Bubur Suro di Masjid Suro

Kartibi juru masak bubur suro, saat mengaduk bubur untuk dibagikan kepada warga dan jamaah masjid Suro Palembang, Sumatera SelatanKOMPAS.com/ Aji YK Putra Kartibi juru masak bubur suro, saat mengaduk bubur untuk dibagikan kepada warga dan jamaah masjid Suro Palembang, Sumatera Selatan
Bubur Suro merupakan bubur sajian khas bulan puasa dari Masjid Suro, Palembang Sumatera Selatan. Bubur ini terbuat dari campuran beras, daging dan bumbu sop.

Setiap hari selama bulan Ramadan ada sekitar 6 kilogram beras yang dimasak untuk disajikan bubur.

Baca juga: Bubur Suro, Hidangan Khas Ramadhan Warga Palembang

3. Bubur Sop Melayu Masjid Raya Medan

Bubur sop di Masjid Raya Medan. Tribun Medan/Silfa Humairah Bubur sop di Masjid Raya Medan.
Sajian Bubur Sop Melayu bisa dinikmati di Masjid Raya Medan. Tradisi bagi Bubur Sop Melayu sudah ada sejak awal berdirinya masjid tahun 1909. Bubur Sop Melayu ini memiliki keunggulan berupa rasa rempah yang kuat.

Awalnya bubur ini hanya disajikan Kerajaan Melayu Kesultanan Maimun, untuk para musafir dan pendatang yang singgah untuk berbuka puasa.

Baca juga: Muncul Saat Ramadhan, Bubur Sop Melayu di Masjid Raya Medan Bisa Dinikmati Gratis

4. Bubur India Masjid Pekojan

Bubur India, hidangan khas berbuka puasa yang merupakan tradisi ratusan tahun di Masjid Jami Pekojan, Semarang. Saat KompasTravel berkunjung pada Sabtu (11/6/2016) bubur tersebut dikombinasi dengan lauk semur talur dan kentang, sedangkan di hari-hari lainnya bergantian menu kari ayam, kari kambing, sambal goreng rambak, dan gulai.KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Bubur India, hidangan khas berbuka puasa yang merupakan tradisi ratusan tahun di Masjid Jami Pekojan, Semarang. Saat KompasTravel berkunjung pada Sabtu (11/6/2016) bubur tersebut dikombinasi dengan lauk semur talur dan kentang, sedangkan di hari-hari lainnya bergantian menu kari ayam, kari kambing, sambal goreng rambak, dan gulai.
Masjid Pekojan yang berlokasi di Semarang memiliki tradisi unik yakni menyajikan menu buka puasa berupa Bubur India.

Bubur Pekojan terbuat dari beras dan 8 jenis rempah. Setiap harinya ada sekitar 300 porsi Bubur Pekojan yang dihidangkan selama Bulan Ramadan.

Baca juga: Lezatnya Bubur India Ini Hanya Ada di Masjid Pekojan Semarang

5. Kanji Rumbi di Masjid Islamic Center, Lhokseumawe

Koki sedang memasak kanji rumbi di halaman Masjid Agung Islamic Center, Lhokseumawe, Aceh, Kamis (9/6/2016). KOMPAS.COM/MASRIADI Koki sedang memasak kanji rumbi di halaman Masjid Agung Islamic Center, Lhokseumawe, Aceh, Kamis (9/6/2016).
Kanji Rumbi merupakan bubur daging yang dicampur rempah-rempah. Makanan ini merupakan hidangan yang khas dari daerah Aceh.

Masjid Islamic Center Lhokseumawe setiap waktu menjelang buka puasa selalu dipadati oleh pengunjung yang rela mengantre demi mendapat pangan ini. Sebanyak sekitar 1000-an porsi setiap hari selama Ramadan selalu disediakan oleh panitia masjid.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.