Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Destinasi Unggulan di Kepulauan Seribu

Kompas.com - 12/05/2019, 14:11 WIB
Nur Rohmi Aida,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pembicaraan mengenai pemindahan ibu kota sedang ramai dibicarakan oleh beberapa kalangan belakangan ini.

Palangkaraya adalah salah satu kandidat untuk kepindahan Ibu Kota. Menariknya, Wakil Ketua  DPR RI Fahri Hamzah ikut pula memberikan usulan mengenai lokasi kepindahan Ibu Kota, yakni ke Kepulauan Seribu.

Baca juga: Fahri Hamzah Usul Ibu Kota Pindah ke Kepulauan Seribu

Berikut KompasTravel rangkum beberapa destinasi wisata unggulan di kepulauan dekat Jakarta tersebut.

1. Pulau Untung Jawa

Pulau Untung Jawaancol-pulauseribu.com Pulau Untung Jawa

Pulau Untung Jawa berlokasi di sebelah barat  teluk Jakarta. Pulau ini terkenal dengan sebutan Desa Wisata Nelayan. Sehingga jika datang kemari jangan sampai lupa untuk menjajal aneka kuliner ikan yang diolah menjadi berbagai jenis masakan. Pulau Untung Jawa menyediakan wahana water sport seperti banana boat.

2. Pulau Harapan

Pemandangan dari udara memperlihatkan Pulau Harapan (Hope Island) yang berada di gugus Kepulauan Spratly di wilayah sengketa Laut China Selatan.Reuters Pemandangan dari udara memperlihatkan Pulau Harapan (Hope Island) yang berada di gugus Kepulauan Spratly di wilayah sengketa Laut China Selatan.

Pulau Harapan merupakan pusat pemerintahan Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Pulau ini termasuk ke dalam 30 pulau yang masuk ke dalam wilayah administrasi Kepulauan Harapan. Untuk mengelilingi Pulau Harapan hanya dibutuhkan waktu sekitar 15 menit jika ditempuh menggunakan motor.

Pulau Harapan memiliki banyak spot untuk snorkeling. Perairannya yang jernih membuat snorkeling di Pulau Harapan menjadi agenda yang sayang jika dilewatkan.

3. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari merupakan salah satu pulau di antara gugusan Kepulauan Seribu yang lokasinya dekat dengan Jakarta. Pulau ini juga disebut-sebut sebagai pintu gerbangnya Kepulauan Seribu.

Di Pulau Bidadari kita bisa menemui cottage yang mengusung 3 kebudayaan berbeda yakni Betawi, Pecinan dan Heritage.

Pulau Bidadari memiliki sejarah cukup unik. Dulunya, dulu pulau ini merupakan rumah sakit. Di pulau ini kita bisa melihat Benteng Martello, sebuah benteng peninggalan Belanda yang runtuh akibat adanya peristiwa meletusnya Gunung Krakatau.

4. Pulau Kelor

Pulau Kelor berlokasi di dekat Pulau Bidadari. Pulau ini merupakan pulau berpasir putih, dan memiliki ukuran yang sempit. Karenanya pulau ini kemudian disebut dengan Pulau Kelor.

Sama halnya dengan Pulau Bidadari, di Pulau Kelor terdapat pula Benteng Martello. Lokasi pulau ini beberapa kali pernah digunakan untuk acara pernikahan beberapa selebriti. Pulau ini merupakan pulau yang tak berpenghuni.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com