Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Alasan Anda Harus Coba Kopyor Roti, Takjil Khas Banyuwangi

Kompas.com - 12/05/2019, 20:09 WIB
Nur Rohmi Aida,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Keindahan alam Banyuwangi tak perlu diragukan lagi. Gunung Ijen yang gagah, Baluran yang keren, dan berbagai pantai yang mempesona selalu menjadi magnet bagi para turis.

Tak hanya kekayaan alam, khasanah kuliner Banyuwangi juga beragam. Saat Ramadhan, kota berjuluk Bumi Blambangan ini juga memiliki kuliner khas yang lezat, Kopyor Roti.

Nah berikut ini beberapa hal mengenai Kopyor Roti yang membuat Anda harus mencobanya kalau sedang safari Ramadhan ke Banyuwangi.

1. Sajian yang Unik

Kopyor Roti hanya ada saat bulan puasa. Makanan ini dibuat dari roti tawar dipadu bihun yang disiram santan kelapa, kemudian dibungkus daun pisang. Kopyor roti memiliki rasa yang manis dan kerap menjadi santapan takjil untuk berbuka puasa

2. Mudah Ditemukan

Kopyor Roti mudah ditemukan di antara para pedagang makanan. Salah satu tempat untuk menemukan Kopyor Roti adalah di Festival Ramadan di kawasan Gesibu. Lokasi ini merupakan pusat jajanan takjil selama Ramadhan.

3. Makanan "Jadul" 

Salah satu pembuat Kopyor Roti adalah Inayatun Robaniah (47). Saat ditemui di rumah produksinya di kawasan Singomayan, Kecamatan Banyuwangi, Inayatun terlihat sibuk membuat Kopyor Roti.

Ina mengaku sudah berjualan kopyor roti hampir sepuluh tahun. Awalnya, tetangganya yang sudah puluhan tahun lebih dulu membuat Kopyor Roti, yang mengajarinya membuat makanan ini. Hingga kini Inayatun membuat kue ini setiap Ramadhan tiba.

4. Makanan yang Menyehatkan

bahan bahan Kopyor RotiDok. Humas Banyuwangi bahan bahan Kopyor Roti
Kopyor Roti terbuat dari bahan-bahan alami yakni bihun, nangka, dan santan. Bungkusnya bukan plastik, melainkan menggunakan daun pisang.

Proses pembuatannya pun dilakukan dengan cara sederhana  yakni daun pisang yang dijadikan pembungkus diisi air tawar, bihun, nangka dan santan yang dipanaskan lalu dikukus selama 15 menit.

5. Selalu diburu saat Ramadhan

Makanan ini selalu diburu saat Ramadhan tiba. Menurut Ina, setiap hari ia selalu membuat 250 bungkus kopyor roti.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com