10 Tips Hemat Biaya Mudik yang Bisa Anda Coba

Kompas.com - 13/05/2019, 06:27 WIB
Terminal Tanjung Priok masih kedatangan ratusan pemudik pada Kamis (21/6/2018). KOMPAS.com/Ardito Ramadhan DTerminal Tanjung Priok masih kedatangan ratusan pemudik pada Kamis (21/6/2018).

KOMPAS.com - Untuk Anda yang berencana mudik lebaran tahun ini, namun masih ragu karena persoalan biaya. Seperti, mungkin karena harga pesawat yang melonjak tinggi.

Berikut ini Kompas Travel mencoba memberikan beberapa tips bagaimana supaya Anda bisa tetap pulang kampung dengan biaya sehemat mungkin.

1. Pesanlah Tiket Jauh-jauh Hari

Harga tiket sarana transportasi musim libur lebaran cenderung lebih mahal. Selain itu, biasanya tiket lebih cepat habis lantaran jumlah pemudik yang ingin pulang kampung jumlahnya banyak.

Memesan tiket jauh-jauh hari sebelum waktu mudik adalah langkah paling bijak agar mudik berjalan sesuai rencana.

2. Bandingkan Harga

Jika mudik menggunakan kereta atau pesawat yang tiketnya bisa dipesan melalui aplikasi, ada baiknya Anda membanding-bandingkan harga dari tiap aplikasi. Pertimbangkan tiap promo yang ditawarkan oleh masing-masing aplikasi tersebut.

Pun jika Anda menggunakan moda transportasi yang harus dipesan secara langsung, seperti travel atau bus misalnya. Bandingkan, harga dan fasilitas yang ditawarkan tiap-tiap PO dan biro travel.

Jika niat Anda memang ingin berhemat, Anda harus cermat.

3. Pilih Transportasi Kelas Ekonomi

Inilah interior kereta api ekonomi premium milik PT KAI yang dibuat di PT INKA. Rencananya kereta api premium itu akan digunakan untuk tambahan kereta pemudik lebaran 2017.Muhlis Al Alawi Inilah interior kereta api ekonomi premium milik PT KAI yang dibuat di PT INKA. Rencananya kereta api premium itu akan digunakan untuk tambahan kereta pemudik lebaran 2017.

Hal wajib bagi Anda jika ingin menghemat biaya mudik lebaran adalah memilih moda transportasi kelas ekonomi. Karena dibandingkan kelas yang lain, kelas ekonomi selalu lebih murah.

4. Aktif di Media Sosial

Media sosial adalah salah satu sarana penyebar informasi yang paling mudah akses. Tak ada salahnya Anda mengikuti berbagai akun resmi sarana transportasi, travel, dinas pemerintahan dan akun hits kota Anda guna mendapatkan berbagai promo tiket murah, bahkan fasilitas mudik gratis. 

5. Gunakan Jalur Darat

Jika dibandingkan jalur udara, transportasi jalur darat memiliki harga yang lebih murah. Jika Anda serius ingin berhemat solusi ini tentunya yang harus Anda pilih.

Baca juga: 4 Obyek Wisata di Sekitar Jalur Mudik Lewat Rembang

6. Siapkan Cuti Sebanyak Mungkin

Jika Anda benar-benar menggunakan jalur darat sebagai sarana transportasi mudik lebaran, maka yang harus Anda persiapkan adalah waktu cuti yang banyak.

Jalur darat umumnya memiliki waktu tempuh yang relatif lama, jadi persiapkan cuti Anda sebanyak mungkin.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X