Kompas.com - 13/05/2019, 10:09 WIB

KOMPAS.com - Indonesia memiliki berbagai wilayah dengan kondisi cuaca yang berbeda-beda. Beberapa wilayah tersebut terkenal sebagai daerah yang memiliki hawa sejuk hingga dingin.

Berikut ini Kompas Travel mencoba merangkum beberapa kota yang memiliki hawa dingin. Mari cek, apakah kota Anda termasuk salah satunya?

1. Sembalun

Sembalun berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Wilayah ini berada di kaki Gunung Rinjani. Lokasi Sembalun yang berada di ketinggian 800 mdpl-1.250 mdpl membuatnya memiliki hawa sejuk dan dingin.

Saking dinginnya suhu normal Sembalun mencapai 7 derajat celsius hingga 12 derajat celsius, sedangkan di musim hujan sekitar 20 derajat celsius.

Selain berhawa dingin, lokasi Sembalun yang berada di kaki Rinjani membuat tempat ini memiliki pemandangan indah dan panorama alam yang memukau.

2. Dataran Tinggi Dieng

Embun upas yang terjadi pada 27 Juli 2018 di Dieng.Dok. Harmono Embun upas yang terjadi pada 27 Juli 2018 di Dieng.
Daerah Dieng Wonosobo, Jawa Tengah, memiliki ketinggian sekitar 2.065 mdpl. Beberapa kali daerah ini mengalami fenomena embun beku atau yang sering disebut dengan “Bun Upas” oleh warga sekitar.

Bun Upas sendiri merupakan fenomena yang terjadi akibat uap air yang terkondensasi secara alami dan mengalami pembekuan akibat suhu ekstrem.

Dataran Tinggi Dieng memiliki beberapa potensi wisata yang layak untuk dikunjungi seperti Gunung Prau, Danau 3 warna, Si Kidang maupun Si Kunir.

3. Berastagi

Geopark Kaldera Danau Toba.Dok Istimewa Geopark Kaldera Danau Toba.
Kota Berastagi kerap disebut sebagai "Bogornya Medan". Kota ini berada pada ketinggian sekitar 1.220 mdpl. Tak heran kalau kota Berastagi memiliki hawa yang sejuk.

Berastagi merupakan kota yang diapit oleh Gunung Sibayak dan juga Gunung Sinabung.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.