4 Kota Dingin di Indonesia dengan Pemandangan Alam yang Cantik

Kompas.com - 13/05/2019, 10:09 WIB
Desa Sembalun di kaki Gunung Rinjani, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. KOMPAS/KHAERUL ANWARDesa Sembalun di kaki Gunung Rinjani, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

KOMPAS.com - Indonesia memiliki berbagai wilayah dengan kondisi cuaca yang berbeda-beda. Beberapa wilayah tersebut terkenal sebagai daerah yang memiliki hawa sejuk hingga dingin.

Berikut ini Kompas Travel mencoba merangkum beberapa kota yang memiliki hawa dingin. Mari cek, apakah kota Anda termasuk salah satunya?

1. Sembalun

Sembalun berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Wilayah ini berada di kaki Gunung Rinjani. Lokasi Sembalun yang berada di ketinggian 800 mdpl-1.250 mdpl membuatnya memiliki hawa sejuk dan dingin.

Saking dinginnya suhu normal Sembalun mencapai 7 derajat celsius hingga 12 derajat celsius, sedangkan di musim hujan sekitar 20 derajat celsius.

Selain berhawa dingin, lokasi Sembalun yang berada di kaki Rinjani membuat tempat ini memiliki pemandangan indah dan panorama alam yang memukau.

2. Dataran Tinggi Dieng

Embun upas yang terjadi pada 27 Juli 2018 di Dieng.Dok. Harmono Embun upas yang terjadi pada 27 Juli 2018 di Dieng.
Daerah Dieng Wonosobo, Jawa Tengah, memiliki ketinggian sekitar 2.065 mdpl. Beberapa kali daerah ini mengalami fenomena embun beku atau yang sering disebut dengan “Bun Upas” oleh warga sekitar.

Bun Upas sendiri merupakan fenomena yang terjadi akibat uap air yang terkondensasi secara alami dan mengalami pembekuan akibat suhu ekstrem.

Dataran Tinggi Dieng memiliki beberapa potensi wisata yang layak untuk dikunjungi seperti Gunung Prau, Danau 3 warna, Si Kidang maupun Si Kunir.

3. Berastagi

Geopark Kaldera Danau Toba.Dok Istimewa Geopark Kaldera Danau Toba.
Kota Berastagi kerap disebut sebagai "Bogornya Medan". Kota ini berada pada ketinggian sekitar 1.220 mdpl. Tak heran kalau kota Berastagi memiliki hawa yang sejuk.

Berastagi merupakan kota yang diapit oleh Gunung Sibayak dan juga Gunung Sinabung.

Datang ke Berastagi anda bisa sekalian mengunjungi Danau Toba yang menjadi kebanggaan warga Sumatera Utara.

4. Ungaran

Kawasan wisata Umbul Sidomukti di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, difoto dari udara, Sabtu (28/6/2014). Wisata alam pegunungan ini memiliki wahana kolam renang alam, pelatihan outbound, permainan adrenalin, lahan kemah, dan pondok wisata.Kristianto Purnomo-Fikria Hidayat Kawasan wisata Umbul Sidomukti di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, difoto dari udara, Sabtu (28/6/2014). Wisata alam pegunungan ini memiliki wahana kolam renang alam, pelatihan outbound, permainan adrenalin, lahan kemah, dan pondok wisata.
Wilayah Semarang terkenal dengan hawanya yang panas, namun tidak dengan Ungaran. Lokasi Ungaran yang berada di kaki Gunung Ungaran ini memiliki hawa yang sejuk khas daerah pegunungan.

Daerah yang cukup terkenal di Ungaran adalah kawasan Bandungan. Tempat ini sejak lama sudah dikelola sebagai lokasi wisata yang menawarkan pemandangan alam yang menarik, hawa yang sejuk serta taman-taman yang ditata cantik.

Makin menarik, di kawasan ini juga terdapat Umbul Sidomukti yang menawarkan sensasi berenang bagaikan berenang di atas awan lantaran lokasinya yang berada di ketinggian.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X