Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uniknya Pulau Sokotra, Seperti Ada di Planet Lain

Kompas.com - 13/05/2019, 18:06 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Satu hal dalam benak saat membayangkan kondisi planet lain kemungkinan besar adalah, tempat itu dipenuhi tumbuhan dan makhluk hidup yang berbeda dengan tanaman di bumi.

Kondisi seperti itu tentu kerap ditemukan di berbagai film yang mengambil latar seolah sedang berada di planet lain. Pada film seperti itu, biasanya pemeran akan bertemu makhluk asing yang berbeda dengan di bumi.

Baca juga: 4 Keajaiban Fenomena Alam di Australia Selain Great Barrier Reef

Namun, keunikan semacam itu tak hanya ada di dalam film. Keunikan berupa makhluk hidup yang berbeda dari tempat lain di bumi ternyata ada di dunia nyata. Menemukannya pun tak perlu ke luar angkasa, melainkan cukup pergi ke Pulau Sokotra.

Pulau Sokotra merupakan bagian dari Negara Yaman. Pulau ini berada sekitar 950 kilometer sebelah timur Kota Aden di kawasan daratan Yaman dan terletak di tengah Laut Arab.

Keunikan Pulau Sokotra

Pulau Sokotra menyajikan keindahan dan keunikan kepada siapa pun yang mengunjunginya. Keunikan tersebut membuat Sokotra juga mendapat julukan sebagai Galapagos di Samudera Hindia.

Flora dan fauna di pulau ini telah berevolusi untuk bertahan dan menyesuaikan lingkungan Sokotra yang sangat panas dan berangin. Dari 800 spesies flora dan fauna, sepertiganya tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Baca juga: Keajaiban Alam Pegunungan Pelangi Ternyata Juga Ada di Peru

Salah satu tanaman yang paling terkenal di Sokotra adalah pohon darah naga. Pohon ini dapat ditemukan berdiri tegak di tebing dataran gurun atau dataran tinggi. Penamaan darah naga berasal dari getah pohon yang berwarna merah seperti darah.

Pohon Darah Naga yang Unik di Sokotra, Yaman.Shutterstock Pohon Darah Naga yang Unik di Sokotra, Yaman.

Selain karena getahnya yang merah seperti darah, bentuk pohon darah naga juga unik. Pohon dengan nama dracaena cinnabari ini tumbuh bagai jamur atau payung raksasa. Dahan pohon tumbuh ke atas dan daunnya tumbuh di bagian atas.

Hingga kini, masyarakat setempat masih menggunakan getah merah itu sebagai obat. Selain itu, biasanya getah merah ini juga akan dikeringkan untuk dijadikan pewarna. Di negara barat, getah ini menjadi bahan baku pernis merah untuk pewarna biola.

Baca juga: 5 Fenomena Alam Paling Memukau di Dunia

Tanaman unik lain yang tumbuh di Sokotra adalah mawar gurun. Tanaman ini juga disebut sebagai pohon botol karena batangnya yang menggelembung sehingga tampak seperti botol. Bantuk itu bermanfaat untuk mempertahankan air di lingkungan yang kering.

Pohon Botol yang Unik di Pulau Sokotra, Yaman.Shutterstock Pohon Botol yang Unik di Pulau Sokotra, Yaman.

Berada di tengah hamparan luas bersama spesies-spesies unik Pulau Sokotra rasanya sekilas sedang berada di planet lain. Bagi mereka yang pertama kali melihatnya, tanaman seperti pohon darah naga dan pohon botol benar-benar terlihat asing.

Selain unik, pulau ini juga menyimpan keindahan yang bisa ditemukan di perairan dangkal sekitarnya. Terumbu karang di sana menyimpan keanekaragaman hayati dan makhluk laut endemik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com