Share this page

Berkunjung ke Museum Kata Andrea Hirata

Kompas.com - 13/May/2019 , 18:53 WIB

Berkunjung ke Museum Kata Andrea Hirata

 


KOMPAS.com -
Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memang dikenal dengan berbagai destinasi wisata bahari.

Namun, selain wisata pantai yang indah dan menawan, Belitung juga menyimpan obyek wisata yang tak kalah menarik, khususnya bagi pecinta sastra, yaitu Museum Kata Andrea Hirata.

Museum yang terletak di Jl. Laskar Pelangi No. 7, Gantong, Belitung Timur tersebut menawarkan suasana mirip dalam novel Laskar Pelangi.

Kesan pertama saat tiba di halaman museum akan membuat pengunjungnya merasa berada dalam latar film tersebut.

Berbagai foto yang terpasang di halaman museum seakan bercerita mengenai perjalanan karya sastra tersebut.

Beranjak ke dalam museum, suasana itu semakin terasa. Ketika masuk ke ruangan, pengunjung akan disuguhi dengan penampakan rak enam tingkat yang tersusun rapi.

Di dalamnya ada beberapa edisi novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata yang boleh dibaca. Tak hanya buku yang berbahasa Indonesia, di sini juga menyediakan beberapa versi internasional, mulai dari Amerika Serikat hingga Jerman.

Jika Sobat Pesona berjalan ke tengah, ada Ruang Laskar Pelangi yang menjadi penghubung beberapa ruang lainnya. Di sini, wisatawan bisa menikmati berbagai lukisan kontemporer dan klasik, koleksi Andrea Hirata, yang jumlahnya sekitar 200 koleksi.

Meski banyak memasukkan karya penulis luar, kearifan lokal tak luput dihadirkan di Museum Kata Andrea Hirat. Seperti ruangan yang mengenalkan geografi Belitung Timur lengkap dengan contoh bebatuan asli di tempat ini, yakni batu Satam.

Museum Kata Andrea Hirata.https://pesona.travel Museum Kata Andrea Hirata.

Di ruangan lainnya, terdapat kumpulan kata-kata asli Belitung yang sudah jarang diucapkan saat ini.

Museum Kata Andrea Hirata juga menyajikan berbagai foto potongan adegan dalam film Laskar Pelangi. Selain foto, di sini juga terdapat buku, pernak-pernik khas Belitung, hingga ruang belajar untuk anak usia dini, yang memiliki banyak pintu dan dicat warna-warni.

Jika Sobat Pesona berkunjung ke Museum Kata Andrea Hirata, jangan lupa abadikan momen.

Baca artikel menarik lainnya tentang Belitung Timur berikut ini:

Menikmati Kecantikan Belitung dari Ketinggian Mercusuar Pulau Lengkuas

Berdoa Mencari Keberuntungan di Vihara Dewi Kwam In Belitung

Nikmat dan Gurih mi Koba Bangka Belitung

Selain Belitung, Indonesia masih punya ragam destinasi wisata lainnya yang menyebar di Tanah Air. Temukan informasinya dalam Pesona Indonesia.

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya