Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Umbul yang Cantik dan Menyegarkan di Klaten, Jawa Tengah

Kompas.com - 14/05/2019, 03:11 WIB
Nur Rohmi Aida,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Klaten merupakan sebuah kabupaten yang diapit oleh dua kota besar yakni Solo dan Yogyakarta. Meski hanya berstatus kabupaten, namun daerah ini patut berbangga diri. Pasalnya, Klaten memiliki sumber mata air yang cukup banyak.

Sumber mata air yang kerap disebut umbul ini tersebar di berbagai wilayah di Klaten. Umbul-umbul tersebut dimanfaatkan untuk pengairan sawah, kebutuhan sehari-hari, juga untuk sektor pariwisata.

Berikut empat umbul andalan Klaten yang patut Anda datangi:

1. Umbul Ponggok

Salah satu wisata unggulannya Umbul Ponggok yang berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Salah satu wisata unggulannya Umbul Ponggok yang berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Umbul Ponggok berupa kolam renang besar dengan mata air alami. Pada dasar kolam terdapat pasir, kerang, berbagai benda buatan, dan tentunya beragam ikan.

Sekian banyak umbul yang ada di Klaten, Umbul Ponggok adalah yang paling terkenal. Umbul ini menawarkan sensasi foto di dalam air bersama ikan-ikan.

Umbul Ponggok merupakan salah satu unit usaha wisata dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Tirta Mandiri Desa Ponggok. Setiap waktu libur tiba, tempat ini selalu ramai pengunjung.

2. Umbul Manten

Umbul Manten yang ramai oleh ribuan pengunjung menjelang Bulan Ramadhan.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Umbul Manten yang ramai oleh ribuan pengunjung menjelang Bulan Ramadhan.

Umbul Manten berada di Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo. Ciri khas umbul ini adalah adanya sebuah kolam yang letaknya di sebuah pohon beringin besar. Air di kolam tersebut selalu terlihat penuh dan meluber ke bawah membentuk aliran air.

Umbul Manten berair jernih. Dingin dan segar ketika menyentuh kulit. Asal-usul nama Umbul Manten berasal dari legenda yang beredar. Konon, pada zaman dahulu pernah ada sepasang calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan.

Kedua pengantin seharusnya menjalani proses pingitan yakni tidak boleh keluar saat mendekati hari pernikahan. Kedua orang calon pengantin tersebut melanggarnya. Akibatnya, mereka berdua hilang. Si perempuan hilang di Umbul Manten dan si laki-laki hilang di Umbul Pelem.

Baca juga: Legenda Calon Pengantin yang Menghilang di Umbul Manten

3. Umbul Brondong

Umbul Berondonghttps://klatenkab.go.id Umbul Berondong

Wisata Umbul Brondong cukup hits belakangan ini karena namanya yang sedikit unik. Umbul Brondong terletak di Desa Grundul, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten.

Untuk masuk ke lokasi Umbul Brondong pengunjung hanya perlu membayar tarif masuk Rp 2.000 per motor. Umbul ini biasa digunakan untuk berenang dan terapi kesehatan.

4. Umbul Kapilaler

Umbul Kapilalertribun solo Umbul Kapilaler

Umbul Kapilaler ini terletak di Dukuh Umbulsari, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten.

Umbul Kapiler berupa kolam dengan pohon beringin di atasnya. Untuk masuk ke dalam kolam Umbul Kapilaler, pengunjung harus menuruni tangga yang ada di dalam kolam.

Jernihnya air dan dasar bebatuan yang terlihat membuat Umbul Kapilaler membuat siapapun tergoda untuk lekas menceburkan diri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com