4 Umbul yang Cantik dan Menyegarkan di Klaten, Jawa Tengah

Kompas.com - 14/05/2019, 03:11 WIB
Jika Anda ingin menghasilkan foto dengan latar yang bagus, pencahayaan yang baik, maka datanglah di waktu pagi atau sore hari ke Umbul Ponggok. KOMPAS.com/Muhammad Irzal AdiakurniaJika Anda ingin menghasilkan foto dengan latar yang bagus, pencahayaan yang baik, maka datanglah di waktu pagi atau sore hari ke Umbul Ponggok.

KOMPAS.com – Klaten merupakan sebuah kabupaten yang diapit oleh dua kota besar yakni Solo dan Yogyakarta. Meski hanya berstatus kabupaten, namun daerah ini patut berbangga diri. Pasalnya, Klaten memiliki sumber mata air yang cukup banyak.

Sumber mata air yang kerap disebut umbul ini tersebar di berbagai wilayah di Klaten. Umbul-umbul tersebut dimanfaatkan untuk pengairan sawah, kebutuhan sehari-hari, juga untuk sektor pariwisata.

Berikut empat umbul andalan Klaten yang patut Anda datangi:

1. Umbul Ponggok

Salah satu wisata unggulannya Umbul Ponggok yang berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Salah satu wisata unggulannya Umbul Ponggok yang berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Umbul Ponggok berupa kolam renang besar dengan mata air alami. Pada dasar kolam terdapat pasir, kerang, berbagai benda buatan, dan tentunya beragam ikan.

Sekian banyak umbul yang ada di Klaten, Umbul Ponggok adalah yang paling terkenal. Umbul ini menawarkan sensasi foto di dalam air bersama ikan-ikan.

Umbul Ponggok merupakan salah satu unit usaha wisata dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Tirta Mandiri Desa Ponggok. Setiap waktu libur tiba, tempat ini selalu ramai pengunjung.

2. Umbul Manten

Umbul Manten yang ramai oleh ribuan pengunjung menjelang Bulan Ramadhan.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Umbul Manten yang ramai oleh ribuan pengunjung menjelang Bulan Ramadhan.

Umbul Manten berada di Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo. Ciri khas umbul ini adalah adanya sebuah kolam yang letaknya di sebuah pohon beringin besar. Air di kolam tersebut selalu terlihat penuh dan meluber ke bawah membentuk aliran air.

Umbul Manten berair jernih. Dingin dan segar ketika menyentuh kulit. Asal-usul nama Umbul Manten berasal dari legenda yang beredar. Konon, pada zaman dahulu pernah ada sepasang calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X