BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Traveloka

Sering Hampir Ketinggalan Pesawat? Coba Pakai Trik Ini!

Kompas.com - 14/05/2019, 03:38 WIB
ilustrasi pesawat delay Shutterstockilustrasi pesawat delay
|

KOMPAS.com - Sari tersenyum lega lantaran ia baru saja menyelesaikan transaksi pembelian tiket pesawat untuk mudik Lebaran bersama keluarganya nanti.

Ya, Lebaran tahun ini menjadi momen spesial untuk dara berusia 27 tahun tersebut karena akhirnya ia bisa membiayai seluruh anggota keluarga mudik dengan gaji yang dikumpulkan selama ini.

Kendati ini baru minggu kedua bulan Ramadhan, namun ia sengaja mempersiapkan tiket dari awal. Tujuannya untuk mengantisipasi agar tidak kehabisan atau menghindari lonjakan harga.

Bagi Sari, saat hendak melakukan perjalanan, persiapan tak hanya sebatas membeli tiket lalu menyusun barang bawaan.

Melakukan perjalanan dengan pesawat kadang membuat Sari khawatir. Ini bukan lantaran takut ketinggian, melainkan jarak antara tempat tinggalnya dengan bandara keberangkatan terbilang cukup jauh.

Belum lagi jalur yang harus ia lalui rawan kemacetan. Akhirnya daripada ketinggalan pesawat, ia pun memutuskan berangkat lebih awal.

Namun, meski sudah diantisipasi seperti itu, tak jarang justru pesawatnya yang mengalami masalah sehingga jadwal penerbangan harus diundur.

Hal itulah yang beberapa kali dialami oleh Sari. Alih-alih berangkat cepat supaya tidak terlambat, ia malah kecewa lantaran pesawatnya  delay.

Sejak saat itu, Sari selalu mempersiapkan segala sesuatunya, seperti menghitung estimasi waktu perjalanan dari rumah ke bandara.

Beruntungnya, pada aplikasi tempat ia membeli tiket, yakni Traveloka tersedia fitur Flight Status. Lewat fitur ini calon penumpang bisa memantau status penerbangan yang akan ditumpanginya.

Apa yang dialami Sari, mungkin kerap juga terjadi pada Anda kala hendak melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat.

Setelah mendapatkan jadwal penerbangan, tidak sedikit dari calon penumpang yang merasa kesulitan untuk menentukan waktu keberangkatan yang pas dari rumah ke bandara.

Siasatnya, selain memanfaatkan fitur Flight Status, ada baiknya Anda menyimak beberapa kiat berikut ini. 

ilustrasi memantau jadwal penerbanganShutterstock ilustrasi memantau jadwal penerbangan

Memilih waktu yang tepat untuk berangkat

Setelah memasukkan informasi penerbangan seperti rute, waktu keberangkatan, serta kode penerbangan pada fitur Flight Status di aplikasi Traveloka, Anda bisa melihat status penerbangan sesuai jadwal atau tidak.

Dengan begitu Anda dapat menyesuaikan kembali waktu perjalanan ke bandara.

Namun, jika terlanjur tiba di bandara tapi waktu keberangkatan masih berubah-ubah, Anda bisa mencari kegiatan untuk mengisi waktu selama menunggu.

Misalnya ngopi-ngopi atau mencari penyedia layanan kursi pijat sembari menunggu kepastian status jadwal penerbangan.

Memilih Transportasi Menuju Bandara yang Tepat

Calon penumpang biasanya memiliki beberapa pilihan alat transportasi untuk menuju bandara.

Sebelum memutuskan berangkat, ada baiknya Anda mengecek Flight Status di aplikasi Traveloka terlebih dahulu.

Jika masih memiliki waktu cukup banyak dan menginginkan perjalanan yang nyaman, Anda bisa menggunakan taksi sebagai transportasi ke bandara.

Apabila ingin berhemat, shuttle bus menjadi pilihan yang tepat. Sebagai alternatif, Anda bisa juga menggunakan kereta bandara yang biasanya memiliki waktu keberangkatan lebih pasti.

Berbagi Informasi dengan Keluarga Maupun Rekan

Dengan mengetahui jadwal penerbangan sesuai atau tidak, tentunya ini akan membantu jika ada keluarga atau rekan yang berniat menjemput di bandara.

Nah, lewat fitur Flight Status dari Traveloka, Anda dapat berbagi informasi penerbangan kepada keluarga atau rekan sehingga mereka dapat menjemput sesuai jadwal kedatangan.

Hadirnya fitur tersebut pun semakin memudahkan Anda untuk mendapatkan pengalaman perjalanan yang lebih efektif, efisien dan menyenangkan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya