5 Fakta Menarik Bangunan Ikonik Turki Hagia Sophia

Kompas.com - 14/05/2019, 06:05 WIB
Museum Hagia Sophia di Istanbul, Turki. SHUTTERSTOCKMuseum Hagia Sophia di Istanbul, Turki.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berencana mengembalikan Hagia Sophia sebagai masjid. Museum yang awalnya dibangun sebagai gereja, kemudian beralih fungsi sebagai masjid ini punya perjalanan panjang dan menarik.

Sampai saat ini Hagia Sophia masih menjadi destinasi yang banyak dikunjungi wisatawan saat berkunjung ke Turki. Berikut lima fakta menarik dari Hagia Sophia:

1. Lambang keagamaan dua agama

Serhad pemandu wisata di acara Zaloramadhan Discoveries bersama Zalora Indonesia dan Klook Travel Indonesia, Selasa (12/5/2019) mengatakan Hagia Sophia merupakan museum yang unik.

"Mungkin hanya satu-satunya di dunia bisa melihat lambang dua agama dipajang sejajar, yakni tulisan Allah dan Muhammad SAW di sebalahnya ada lukisan Bunda Maria dan bayi Yesus," kata Serhad.

2. Lukisan mosaik Yesus dan Bunda Maria

Jejak Hagia Sophia sebagai Gereja Kristen Ortodoks Yunani dapat dilihat dari lukisan mosaik yang berada di beberapa bagian gedung. Kebanyakan di bagian atap. Lukisan ini berfokus pada Bunda Maria dan Yesus.

Saat menjadi masjid pada 1453, lukisan-lukisan tersebut ditutup dengan plester dan lukisan dekorasi.

Baru pada 1935 dilakukan restorasi lukisan mosaik dengan membuka pleter penutup. Proses ini dapat dilihat di dokumentasi yang dipajang pada dinding Museum Hagia Sophia.

Interior Hagia Sophia di Turki.Kompas.com/Silvita Agmasari Interior Hagia Sophia di Turki.
3. Sempat jadi bangunan dengan kubah berbesar di dunia

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X