6 Rekomendasi Tempat Wisata di Bukittinggi, Cocok untuk Liburan Mudik

Kompas.com - 14/05/2019, 13:10 WIB
Atap bergonjong dipakai oleh salah satu hotel di Bukittinggi, Sumatera Barat. Sejumlah bangunan di Sumatera Barat, baik bangunan pemerintah maupun swasta, berlomba-lomba menggunakan atap bergonjong untuk membangun citra Minangkabau. Arif, AhmadAtap bergonjong dipakai oleh salah satu hotel di Bukittinggi, Sumatera Barat. Sejumlah bangunan di Sumatera Barat, baik bangunan pemerintah maupun swasta, berlomba-lomba menggunakan atap bergonjong untuk membangun citra Minangkabau.

KOMPAS.com - Dahulu Bukittinggi pernah menjadi ibu kota Indonesia pada masa Pemerintahan Darurat Republik Indonesia. Kota terbesar kedua di Sumatera Barat ini memang memiliki banyak peningalan sejarah, cerita sejarah, serta lahirnya tokoh-tokoh bersejarah yang menjadi pahlawan RI.

Sebut saja Mohammad Hatta dan Assaat yang masing-masing merupakan proklamator dan pejabat presiden Republik Indonesia. Kota ini menawarkan pesona wisata baik dari sisi sejarah maupun alam.

Ada beberapa tempat wisata di Bukittinggi yang tak boleh terlewat jika datang kemari. Berikut diantaranya.

1. Jam Gadang

Jam gadang, ikon kota Bukittinggi, Padang, Sumatera Barat.KOMPAS.com/Fatimah Kartini Bohang Jam gadang, ikon kota Bukittinggi, Padang, Sumatera Barat.
Waktu untuk mengunjungi wisata jam gadang paling pas adalah pagi hari ketika belum ramai. Jam Gadang merupakan ikonnya Bukittinggi juga pusat kegiatan warga dan wisatawan.

Lokasi Jam Gadang bersebelahan dengan Pasar Atas, Rumah Bung Hatta, Taman Marga Satwa, Budaya Kinantan, dan Benteng For de Kock.

Sejarah pembangunan Jam Gadang dimulai tahun 1926 sebagai hadiah ratu Juliana kepada Rook Maker yang menjadi walikota For de Kock atau Bukittinggi pada masa Belanda. Perancang Jam Gadang adalah Yazin Sutan Gigi Ameh dengan biaya 3000 gulden.

Tinggi Jam Gadang 26 m tanpa memakai besi penyangga dan adukan semen. Campurannya hanya kapur, putih telur dan pasir putih.

2. Pasar Atas dan Pasar Bawah
Semangkuk Es Tebak dan Ampiang Dadiah dapat ditemukan di Pasar Atas Bukittinggi, Sumatera Barat.KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Semangkuk Es Tebak dan Ampiang Dadiah dapat ditemukan di Pasar Atas Bukittinggi, Sumatera Barat.

Tempat wisata Bukittinggi  selanjutnya adalah Pasar Atas, Pasar Lereng dan Pasar Bawah. Pasar Atas (Ateh) dan Pasar Bawah adalah pasar paling popular di Kota Bukittinggi. Sejarahnya, Pasar Atas jaman dahulu didirikan di atas Bukit Kandang Kerbau tahun 1858.

Pasar atas Wajib dikunjungi kalau sedang wisata ke Bukittinggi lantaran di Pasar Atas dijual aneka rupa barang khas Bukittinggi yang tidak banyak dijual di tempat lain.

Pasar Lereng menjual aneka rupa oleh-oleh dan jajanan khas Bukittinggi seperti keripik balado, bika, lemang,kerupuk kulit, dan sebagainya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X