Panduan Mudik Menumpang Bus untuk Pertama Kali

Kompas.com - 14/05/2019, 15:08 WIB
Pemerintahan Kota (Pemkot) Bekasi memberangkatkan 12 bus mudik gratis dari Pemkot untuk warga Kota Bekasi di Bekasi, Senin (19/6/2017). KOMPAS.COM/Anggita Muslimah Pemerintahan Kota (Pemkot) Bekasi memberangkatkan 12 bus mudik gratis dari Pemkot untuk warga Kota Bekasi di Bekasi, Senin (19/6/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengalaman pertama selalu butuh persiapan lebih, begitu pula dengan menumpang bus untuk mudik. Fasilitas bus yang semakin mumpuni menarik segmen pemudik lebih luas.

Selain kereta api, pesawat, bus juga semakin menajdi pilihan. Berikut panduan mudik menumpang bus dengan pertama kali sesuai yang disarankan oleh pengamat transportasi bus AM Fikri, dihubungi KompasTravel, Kamis (9/5/2019):

Sebelum Berangkat

1. Riset

Fikri menyarankan calon pemudik untuk melakukan riset sebelum benar-benar memesan tiket bus untuk mudik. Lantaran belum ada sistem pemesanan online yang terintegrasi untuk memesan tiket bus, dan setiap perusahaan bus menawarkan fasilitas, jadwal keberangkatan, dan harga tiket bus yang berbeda.

Riset penting agar kenyamanan selama menumpang bus untuk pulang ke kampung halaman dapat lebih maksimal.

2. Beli Tiket Bus

Ada berbagai cara untuk membeli tiket bus, pertama lewat pembelian langsung ke agen bus baik di terminal maupun di luar terminal. Cara ke dua adalah dengan aplikasi online, e commerce, atau agen perjalanan online.

Khusus pembelian online baiknya konfirmasi laagi pembelian tiket dan ketersediaan kursi lewat nomor telepon perusahaan bus yang banyak beredar di akun media sosial resmi perusahaan bus.

Hindari membeli tiket bus dari calo, selain lebih mahal tiket bus berisiko tidak asli. 

Hari Keberangkatan

3. Datang ke Lokasi Keberangkatan

Rata-rata bus Antar Kota Antar Provinsi berangkat dari terminal besar. Seperti di Jakarta dari terminal Pulo Gebang, Kampung Rambutan, Pondok Cabe, dan lainnya. Saat membeli tiket bus, tanya di mana lokasi keberangkatan terdekat dari tempat tinggal Anda.

Halaman:


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X