Jati Unggul, Beringin Kembar di Karanganyar yang Kerap Bikin Penasaran

Kompas.com - 15/05/2019, 09:08 WIB
Jati Unggul di Karanganyar Berupa Pohon Beringin Kembar yang Besar.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Jati Unggul di Karanganyar Berupa Pohon Beringin Kembar yang Besar.

KARANGANYAR, KOMPAS.com – Bagi masyarakat Karanganyar dan sekitarnya, daerah Tawangmangu merupakan destinasi wisata favorit untuk dikunjungi ketika liburan. Sejuknya udara gunung menjadi sesuatu yang dicari di sana.

Biasanya, rute menuju Tawangmangu adalah melalui Kecamatan Matesih, Karanganyar. Namun, ada satu hal menarik saat perjalanan menuju Matesih, yakni adanya dua pohon besar menjulang tinggi yang terlihat dari kejauhan.

Baca juga: Bukit Hope, Wisata Romantis dan Instagramable di Lawu Selatan

Dari kejauhan, pohon itu tampak menjulang tinggi di puncak bukit. Rasanya seolah tidak ada pohon lain yang mampu menyaingi ketinggiannya. Keberadaan pohon itu kerap membuat pengguna jalan yang melihatnya menjadi penasaran.

Jati Unggul dilihat dari Bukit Widodaren di Kabupaten Wonogiri yang berjarak sekitar 25 kilometer.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Jati Unggul dilihat dari Bukit Widodaren di Kabupaten Wonogiri yang berjarak sekitar 25 kilometer.
Rasa penasaran para pengguna jalan bukan hanya tentang pohon apa itu, tetapi juga di mana letaknya. Bahkan menurut banyak orang, dari jauh pohon ini tampak seperti jangkrik, singa, gajah, bahkan sapi.

Menuju Pohon Beringin Kembar Raksasa

Pada Minggu (5/5/2019) lalu, KompasTravel berkesempatan untuk mencari lokasi pohon beringin kembar yang kerap membuat penasaran itu. Berdasarkan informasi yang telah terkumpul, pohon itu ada di Desa Sewurejo, Kecamatan Mojogedang, Karanganyar.

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah menuju Balai Desa Sewurejo yang berjarak sekitar 12 kilometer dari Kota Karanganyar dengan waktu tempuh kurang-lebih setengah jam.

Menuju Balai Desa Sewurejo cukup mudah. Selain jalannya sudah baik, telah tersedia pula aplikasi penunjuk jalan seperti Google Maps. Jika sudah sampai sana, maka pohon beringin tersebut sudah tak lagi jauh.

Satu cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui jalan menuju beringin kembar adalah bertanya kepada warga. Menurut masyarakat setempat, nama pohon beringin kembar itu ternyata adalah Jati Unggul.

Di Tengah Kawasan PT Perkebunan Nusantara IX

Rute menuju Jati Unggul adalah menuju selatan Balai Desa Sewurejo. Nantinya terdapat jalan menuju areal perkebunan di samping warung mie ayam. Menurut Google Maps, nama warung itu adalah Mie Ayam Mas Mogol.

Usai berbelok, jalan tidak lagi halus. Jalan perkebunan terdiri dari tanah dan batu sehingga kendaraan tidak bisa melaju pelan. Pada pertigaan pertama, perjalanan berlanjut dengan belok kanan.

Jalan menuju Jati Unggul di tengah kebun karet dan tebuKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Jalan menuju Jati Unggul di tengah kebun karet dan tebu
Jalan ini berada di tengah kawasan PT Perkebunan Nusantara (PTPN IX). Sebelah kiri jalan adalah kawasan perkebunan karet, sementara sebelah kanan jalan merupakan perkebunan tebu.

Sesaat melaju usai berbelok kiri di pertigaan, tampak dua pohon beringin yang menjulang tinggi dari kejauhan, itulah Jati Unggul. Meski hanya ada jalan setapak untuks sampai ke sana, sepeda motor masih bisa melaluinya.

Halaman Berikutnya
Halaman:



Close Ads X