Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Rekomendasi Kuliner Sekitar Jalur Mudik Surabaya-Pasuruan-Malang

Kompas.com - 15/05/2019, 18:11 WIB
Sherly Puspita,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apakah Anda berencana melakukan perjalanan mudik tahun ini? Jika ya, segera siapkan berbagai hal terkait perjalanan Anda, salah satunya rencana destinasi wisata dan kuliner.

Bagi Anda yang akan melakukan perjalanan mudik melalui jalur Surabaya, Pasuruan, hingga Malang, jangan sampai melewatkan berbagai macam kuliner khas yang mungkin tak dapat Anda jumpai dengan mudah di kota perantauan.

Dikutip dari buku Peta Kuliner Jalur Lebaran Pulau Jawa yang disusun oleh Kementerian Perhubungan dan pihak-pihak terkait, berikut 4 rekomendasi kuliner di sekitar jalur mudik urabaya, Pasuruan, dan Malang.

1. Rawon Kalkulator

Rawon, salah satu makanan khas Jawa Timur yang tak diragukan lagi cita rasanya. Rawon merupakan sajian sop daging dengan kuah yang berasal dari campuran kluwek sehingga menghasilkan warna hitam. Daging untuk rawon umumnya adalah daging sapi yang dipotong kecil-kecil, terutama bagian sandung lamur sapi.

Salah satu warung makan yang menyajikan Rawon yang cukup terkenal di Surabaya adalah Rawon Kalkulator. Warung makan ini terletak di Sentra PKL Taman Bungkul, Jalan Raya Darmo, Darmo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya.

Warung ini buka setiap hari mulai pukul 11.00 hingga pukul 15.00. Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi nomor 0315661784.

Nasi Punel Hj Lin di PasuruanDokumentasi Kemenhub Nasi Punel Hj Lin di Pasuruan

2. Nasi Punel Haji Lin

Nasi punel adalah makanan khas dari kota Bangil, Pasuruan. Nasi ini bertekstur lembut dan agak menggumpal. Umumnya makanan ini disajikan di atas piring yang beralaskan daun pisang.

Salah satu warung makan nasi punel yang terkenal di Pasuruan adalah Nasi Punel Haji Lin yang terletak di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Kecamatan Bangil, Pasuruan. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 06.30 hingga 20.00. Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi nomor 085101769354.

3. Warung Tahu Lontong Lonceng

Tahu Lontong Lonceng ini terdiri dari tahu telor, dan dapat dinikmati dengan lontong maupun nasi. Menu ini juga terdiri dari kecambah, bumbu, kacang, acar, koya kelapa, petis, kecap yang membuat rasanya semakin nikmat.

Warung Tahu Lontong Lonceng dapat Anda temui di Jalan Mareadinata, Kotalama, Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur. Warung ini buka pada pukul 08.00 hingga 20.00. Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi nomor (0341) 4444117.

4. Bakso President Malang

Bakso merupakan salah satu menu khas Indonesia yang banyak digemari orang. Banyak varian menu bakso di Indonesia, salah satunya bakso khas Malang. Berbeda dengan bakso jenis lainnya, bakso malang tak hanya berisi bakso sapi, namun juga dilengkapi dengan tahu, siomay, dan kulit pangsit.

Bakso President Malang merupakan salah satu warung bakso yang cukup terkenal. Warung ini berada diJalan Batanghari nomor 5, Rampal Celaket, Klojen, Kota Malang. Warung bakso ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 21.30. Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi nomor (0341) 496746.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com