Mudik ke Lampung dari Jakarta Tak Sampai Rp 50 Ribu, Ini Caranya

Kompas.com - 15/05/2019, 20:00 WIB
Kondisi Kendaraan Pemudik Yang Akan Menyeberang dari Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten Menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Jumat (23/6/2017).KOMPAS.com/ MOH NADLIR Kondisi Kendaraan Pemudik Yang Akan Menyeberang dari Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten Menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Jumat (23/6/2017).

KOMPAS.com - Jika dirasa tiket pesawat terlalu mahal untuk mudik ke Lampung, warga Jakarta punya opsi lain yang jauh lebih murah. Opsi ini menggabungkan moda transportasi darat dan laut.

Ada 3 moda transportasi yang digunakan yakni kereta dan kapal. Total biayanya tak sampai Rp 50 ribu per orang. Berikut rinciannya.

Kereta tujuan Rangkasbitung

Jika ke Lampung dari Jakarta menggunakan kereta, Anda bisa memulainya dari Stasiun Tanah Abang. Naiklah KRL yang akan membawa Anda dari Stasiun Tanah Abang menuju ke Rangkasbitung.

Perjalanan dari Tanah Abang menggunakan kereta ke Rangkasbitung akan memakan waktu sekitar dua jam. Untuk jadwal perjalanan bisa dilihat di situs http://www.krl.co.id/

Tarif kereta menuju Rangkasbitung adalah Rp 8.000.

Lanjutkan perjalanan ke Merak  

Setelah sampai di Rangkasbitung, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Stasiun Merak menggunakan kereta KA Lokal Merak. Usai turun dari KRL belilah tiket untuk menuju ke Stasiun Merak. Anda juga bisa membelinya secara online menggunakan aplikasi KAI Access.

Tarif dari Rangkasbitung ke Stasiun Merak Rp. 3.000 dan waktu tempuh yang diperlukan adalah sekitar dua jam.

Naik kapal

Sampai di Stasiun Merak, datangilah Pelabuhan Merak. Tanyakan pada petugas jika Anda tidak paham jalan menuju pelabuhan. Sampai di Pelabuhan Merak, kemudian belilah tiket menuju Lampung.

Tiket penyebrangan untuk menuju ke Lampung adalah Rp 15.000 untuk dewasa dan anak-anak Rp 8.000. Pembelian tiket kapal bisa dilakukan secara langsung maupun online melalui situs resmi ASDP, https://www.indonesiaferry.co.id.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X