7 Ikon Kebun Raya Indrokilo Boyolali, Ada Air Terjun Niagara!

Kompas.com - 16/05/2019, 09:03 WIB
Taman Paku di Kebun Raya Indrokilo, Boyolali. Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaTaman Paku di Kebun Raya Indrokilo, Boyolali.

BOYOLALI, KOMPAS.com – Boyolali kini memiliki kebun raya baru yang patut dibanggakan. Kebun Raya Indrokilo menjadi obyek wisata baru Kota Susu yang bisa menjadi alternatif tujuan untuk mengisi libur.

Satu hal spesial dari Kebun Raya Indrokilo adalah adanya tujuh ikon yang nanti menjadi ciri khas obyek wisata ini. Berikut ini adalah 7 ikon Kebun Raya Indrokilo, Boyolali:

1. Gerbang Pasingsingan

Gerbang setinggi 12 meter dan lebar 25 meter ini terinspirasi dari gerbang monumen Chiang Kai Shek Memorial Hall yang ada di Taipei.

Gerbang ini merupakan pintu selamat datang ke dalam Kebun Raya Indrokilo.

Salah satu ikon Kebun Raya Indrokilo,Gerbang Pasingsingan.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Salah satu ikon Kebun Raya Indrokilo,Gerbang Pasingsingan.
Nama Pasingsingan diambil dari cerita Nagasasara Sabuk Inten karya S H Mintarja. Ia digambarkan merupakan seorang penolong berbudi luhur.

Dikisahkan tidak ada yang tahu wajah aslinya karena Pasingsingan selalu memakai topeng.

2. Patung Sosro Birowo

Patung dengan tinggi mencapai 17 meter ini merupakan ikon yang paling dekat dengan pintu masuk Kebun Raya Indrokilo. Sosro Birowo adalah ajian sakti dari seorang bernama Mahesa Jenar. Ia merupakan mantan parajurit pengawal raja yang sangat tangguh dan kuat.

Patung Sosro Birowo Setinggi 17 Meter di Kebun Raya Indrokilo.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Patung Sosro Birowo Setinggi 17 Meter di Kebun Raya Indrokilo.
Saat dikehendaki, Mahesa Jenar dikisahkan mampu membelah batu seukuran kepala kerbau hanya dengan tangannya.

Ajian ini dinamakan Sosro Birowo dalam cerita Nagasasra Sabuk Inten.

3. Taman Paku

Taman paku merupakan salah satu taman tematik yang ada di Kebun Raya Indrokilo.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X