4 Hal Istimewa Masjid Raya Sumatera Barat, Masjid Tanpa Kubah

Kompas.com - 16/05/2019, 15:11 WIB
Masjid Raya Sumatera Barathttps://pesona.travel/ Masjid Raya Sumatera Barat

KOMPAS.com - Jika anda berkunjung ke Sumatera Barat, cobalah untuk mengunjungi Masjid Raya Sumatera Barat. Masjid ini memiliki beberapa keunikan yang membuatnya menjadi masjid ikonik di wilayah Sumatera Barat.

Berikut ini keistimewaan Masjid Raya Sumatera Barat yang ada di Padang Sumatera Barat. Jangan lupa mampir shalat kemari kalau lagi di Padang.

1. Masjid Tampil Tanpa Kubah

Hal yang paling mencolok dari Masjid Raya Sumatera Barat adalah masjid tampil tanpa kubah. Tampilan masjid tanpa kubah ini merupakan representasi wujud falsafah Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah yang berarti adat yang didasarkan, ditopang oleh syariat agama Islam berdasarkan Al Quran dan Hadist.

Baca juga: Mengenal 5 Bagian Masjid Agung Surakarta

Sebagai gantinya, atap masjid ini desainnya berupa atap segi empat dengan tiap sudut menjulang ke langit seperti Rumah Gadang.

Meski berbentuk seperti gonjong Rumah Gadang, namun sebenarnya atap masjid ini mencerminkan 4 sudut kain yang digunakan 4 khalifah untuk memindahkan batu Hajar Aswad.

Baca juga: 5 Sajian Buka Puasa Unik di Masjid-Masjid Indonesia

Kini Masjid Raya Sumatera Barat ini menjadi ikon wisata religi Sumatera Barat.

2. Masjid Tahan Gempa

Masjid Raya Sumatera Barat yang berlokasi di  jantung kota Padang di Jalan Khatib Sulaiman dan Jalan Ahmad Dahlan ini didesain sebagai masjid tahan gempa bermagnitudo 10.

Masjid ini dibangun di atas lahan sebesar 40.343 meter persegi dan mampu menampung 20.000 jamaah.

3. Mengusung Budaya Minang

Masjid Raya Sumatera Barat selain atapnya yang mirip rumah gadang, juga memiliki corak ukiran Minangkabau di dinding-dindingnya.

Ruang utama masjid ini dipenuhi interior ukiran Minang dan kaligrafi. Bagian Mihrobnya seperti hajar aswad dan terdapat ukiran asmaul husna berwarna emas.

4. Dijuluki Masjid Seribu Pintu Angin

Masjid ini didesain oleh arsitek bernama Rizal Muslimin. Memiliki cukup banyak pintu, membuat masjid ini dijuluki dengan nama Masjid Seribu Pintu Angin.

Di bagian samping Masjid Raya terdapat menara yang bercorak seperti Masjid Nabawi yang ada di Madinah, yang membuat masjid ini terlihat semakin megah.



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X