Share this page

Mengamati Burung Cenderawasih di Tambrauw, Ada Triknya...

Kompas.com - 17/May/2019 , 04:07 WIB

Mengamati Burung Cenderawasih di Tambrauw, Ada Triknya...

KOMPAS.com - Tambrauw menjadi spot pengamatan burung cenderawasih terbaik di Papua Barat. Di hutan yang berlokasi di Distrik Miyah dan Distrik Sausapor, belasan jenis cenderawasih dapat disaksikan dengan mata telanjang.

Setiap pagi dan sore, burung-burung cenderawasih melantunkan nyanyian memenuhi langit Miyah dan Sausapor.

Namun, untuk melihat dengan leluasa, perlu trik-trik khusus. Penduduk lokal mengatakan cenderawasih adalah burung yang sangat sensitif. Maka, apa saja triknya?

Sembunyi di balik pohon

Burung cenderawasih sangat peka terhadap penglihatan. Ia bisa melihat gerak-gerik manusia dari ketinggian titiknya terbang atau bertengger.

Maka dari itu, agar tak terdeteksi oleh mata cenderawasih, sebaiknya Anda bersembunyi di balik pepohonan yang rimbun.

Jangan mandi

Cenderawasih adalah burung yang sangat sensitif terhadap penciuman. Ia bahkan bisa menghirup aroma wewangian dari manusia.

Bila Sobat Pesona datang menggunakan parfum atau bau sabun, burung yang menjadi ikon Papua itu akan enggan menampakkan diri. Maka lebih baik tidak mandi lebih dulu saat akan mengamati cenderawasih.

Jaga suara

Selain tidak disarankan mandi, siapapun yang akan mengamati cenderawasih wajib menjaga suara. Sebab, burung berjuluk Bird of Paradise ini sangat peka pendengarannya. Dalam radius ratusan meter, ia dapat mendengar suara manusia, loh!

Persiapan fisik dan kesabaran

Menyaksikan cenderawasih memang butuh perjuangan. Tak dapat langsung instan menyaksikannya seperti di kebun binatang.

Di alam liar, Anda perlu masuk dan jalan kaki ke hutan yang masih rapat. Medan yang tidak terduga dan batang serta akar pohon yang masih melintang bebas membuat wisatawan harus sangat berhati-hati.

Burung Cenderawasih.https://pesona.travel Burung Cenderawasih.

Belum lagi harus jeli mengamati duri rajam atau binatang yang mungkin dijumpai. Maka dari itu, kondisi fisik dan stamina harus fit, supaya tak ambruk di jalan.

Selain itu, Anda juga perlu sabar lantaran perlu waktu lama untuk menunggu cenderawasih muncul. Namun, semua perjuangan akan terbayar setelah menyaksikan burung berbulu warna-warni itu menyanyi nyaring dan menari-nari lincah.

Menggunakan baju berwarna gelap

Gunakan baju warna gelap agar tak terdeteksi cenderawasih. Kaus cokelat, hijau tua, dan hitam akan membuat pengamat bisa menyaru dengan alam sekitar.

Bangun pagi buta

Seperti mengejar lanskap matahari terbit, mengamati cenderawasih juga harus dilakukan pagi-pagi buta. Sebab, burung-burung itu akan bermain di hutan pada pukul 06.00-9.00 WIT. Setelah itu mereka akan pergi cari makan dan kembali lagi sore atau malam.

Baca juga artikel lainnya tentang Papua Barat berikut ini:

Menjelajah Alam Arborek dengan Santai

Air Terjun Anenderat, Tujuh Tingkat Keindahan di Tambrauw

Tari Kafuk, Tarian dan Nyanyian Penuh Semangat

Indonesia masih punya ragam budaya dan destinasi wisata lainnya yang tak kalah menarik. Telusuri ceritanya di Pesona Indonesia.

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya