Pemburu Senja, Cobalah Pergi ke Bukit Widodaren di Wonogiri

Kompas.com - 17/05/2019, 09:07 WIB
Keindahan matahari terbenam di Bukit Widodaren, Wonogiri. Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaKeindahan matahari terbenam di Bukit Widodaren, Wonogiri.

WONOGIRI, KOMPAS.com – Sore hari merupakan waktu yang dinanti kebanyakan orang untuk keluar rumah dan menikmati suasana. Selain tidak lagi panas, langit sore juga begitu indah untuk dinikmati.

Tentu sore hari juga menjadi saat yang dinanti oleh para pemburu keindahan matahari terbenam. Banyak di antara mereka yang pergi ke tempat-tempat matahari terbenam bisa terlihat jelas begitu sore tiba.

Baca juga: Telaga Claket, Miniatur Ranu Kumbolo di Wonogiri

Bagi masyarakat Wonogiri dan sekitarnya, ada banyak tempat untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam. Salah satu tempat memandang sunset terbaik adalah di Bukit Widodaren.

Bukit ini berada di sebelah barat Telaga Claket. Lokasinya adalah di Desa Sendangijo, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Jarak tempuh dari Kota Wonogiri adalah sekitar 10 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih setengah jam.

Seputar Bukit Widodaren

Menuju puncak Bukit Widodaren hanya bisa dilakukan dengan berjalan kaki. Sementara kendaraan bisa dititipkan di obyek wisata Telaga Claket. Pendakian dimulai dari sisi utara bukit. Nantinya akan ada jalan setapak di samping Jalan Claket.

Baca juga: Menikmati Sejuk dan Asrinya Alam di Bendungan Candi Muncar Wonogiri

Bukit Widodaern juga tidak terlalu tinggi. Ketinggiannya kurang dari 200 meter dengan waktu tempuh ke puncak sekitar 15 sampai 30 menit saja. Kondisi jalan setapak saat perjalanan naik cukup jelas.

Telaga Claket dilihat dari Bukit Widodaren, Wonogiri.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Telaga Claket dilihat dari Bukit Widodaren, Wonogiri.
Kondisi jalur menuju puncak Bukit Widodaren relatif tak terlalu berat. Namun menjelang puncak setelah sampai di bebatuan, jalur akan cukup menanjak. Meski demikian, jenis batuan adalah solid sehingga tidak longsor saat dipijak.

Puncak Bukit Widodaren tidaklah terlalu luas. Puncak bukit ini memanjang dari utara ke selatan dan terdiri dari bebatuan. Hal itu membuat aktivitas berkemah tidak bisa dilakukan di sini.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X