Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Aktivitas Menarik di Telaga Claket, Miniatur Ranu Kumbolo ala Wonogiri

Kompas.com - 17/05/2019, 20:07 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

WONOGIRI, KOMPAS.com Telaga Claket merupakan salah satu alternatif obyek wisata di Wonogiri yang bisa dikunjungi untuk menikmati liburan. Hal itu karena jarak telaga ini dengan Kota Wonogiri yang tidak terlalu jauh.

Selain itu, Telaga Claket juga menawarkan panorama menawan. Bahkan obyek wisata ini mendapat sebutan sebagai miniatur Ranu Kumbolo ala Wonogiri. Pesona-nya semakin indah dengan bunga celosia penuh warna yang kini menghiasi tepiannya.

Baca juga: Telaga Claket, Miniatur Ranu Kumbolo di Wonogiri

Jika hendak berkunjung ke Telaga Claket Wonogiri, maka inilah 4 aktivitas menarik yang bisa dilakukan:

1. Berfoto di spot-spot keren

Pengelola Telaga Claket telah menghias obyek wisata ini dengan banyak spot untuk berfoto. Biasanya pengunjung banyak berfoto di dermaga yang menjorok ke telaga karena menawarkan hasil jepretan menawan.

Telaga Claket di Wonogirin yang semakin indah dengan warna-warni bunga.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Telaga Claket di Wonogirin yang semakin indah dengan warna-warni bunga.

Jumlah dermaga pun tidak hanya satu. Total ada tiga dermaga yang bisa digunakan untuk berfoto. Masihng-masing dermaga memiliki ciri khas masing-masing, mulai ornamen hingga latar belakang yang berbeda.

Penambahan bunga celosia di tepian telaga semakin menambah jumlah tempat untuk berfoto. Kini pengunjung banyak yang berfoto di spot taman bunga. Berfoto di tengah jalan setapak sekitar bunga warna-warni itu juga tidak kalah keren.

2. Nyantai di saung

Tidak hanya cocok untuk aktivitas foto, Telaga Claket juga pas bagi mereka yang ingin menikmati suasana. Pengelola juga telah menambahkan beberapa saung yang bisa digunakan untuk duduk-duduk sembari bersantai.

Saung di tepian Telaga Claket Wonogiri.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Saung di tepian Telaga Claket Wonogiri.

Total ada empat saung yang telah dibangun di Telaga Claket. Pengunjung yang datang, terutama di siang hari bisa memanfaatkannya untuk berteduh sambil menikmati pemandangan telaga.

Baca juga: Telaga Claket, Miniatur Ranu Kumbolo di Wonogiri

Namun karena jumlah saung yang terbatas, biasanya ketiganya sering penuh saat sedang banyak pengunjung. Jika ingin berteduh, masih ada tempat untuk duduk-duduk di bawah pohon rindang.

3. Naik perahu

Pengunjung tidak hanya bisa berjalan-jalan di tepian telaga saja. Mereka juga bisa berkeliling telaga yang tidak terlalu luas ini dengan naik perahu. Terdapat satu perahu yang bersandar di tepian untuk disewakan kepada pengunjung.

Pengunjung sedang naik perahu di Telaga Claket Wonogiri.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Pengunjung sedang naik perahu di Telaga Claket Wonogiri.

Untuk bisa berkeliling telaga dengan perahu, pengunjung cukup menyewanya seharga Rp 20.000 saja. Perahu digerakkan dengan cara didayung sehigga mereka yang akan menyewanya harus bisa mendayung.

Jika tidak bisa mendayung, pengunjung bisa meminta petugas untuk membantu menjalankan perahu. Saat petugas luang, mereka akan membantu mendayung perahu. Biaya tambahan bisa ditanyakan langsung.

4. Memancing ikan

Memancing menjadi salah satu aktivitas yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Telaga Claket. Di balik air tenang telaga saat tidak ada angin, ternyata banyak ikan yang bisa dipancing seperti bawal.

Baca juga: Pemburu Senja, Cobalah Pergi ke Bukit Widodaren di Wonogiri

Bahkan beberapa kali pernah diadakan lomba memancing di Telaga Claket ini. Hal itu menunjukkan jika obyek wisata ini cocok untuk kegiatan itu. Namun, pengunjung harus membawa alat pancing sendiri dari rumah jika ingin memancing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com