Secangkir Kopi Termahal di Dunia, Harganya Tembus Rp 1 Juta

Kompas.com - 18/05/2019, 13:06 WIB
.Getty Images/iStockphoto .


KOMPAS.com - Menikmati secangkir kopi saat hujan atau ketika cuaca dingin mungkin merupakan aktivitas favorit para pecinta kopi. Terlebih jika kopi tersebut mengeluarkan aroma khas yang harum, sangat cocok untuk rileksasi ketika sedang santai.

Berbagai jenis kopi memiliki harga yang berbeda-beda. Untuk pecinta kopi sejati, merogoh kocek dalam-dalam untuk menikmati sajian favorit tentu bukan hal sulit, apalagi kalau kopi tersebut bisa dibilang langka atau susah dijumpai.

Di San Fransisco, Amerika Serikat, ada sebuah perusahaan kopi bernama Klatch Coffee yang menawarkan secangkir kopi termahal di dunia dengan harga berkisar 75 dollar Amerika Serikat atau sekitar 1,08 juta rupiah dengan persediaan terbatas.

Kopi tersebut berasal dari biji kopi terbaik asal Panama bernama Elida Geisha Natural yang harganya mencapai 803 dollar per pon atau sekitar 11,6 juta rupiah.

Baca juga: Nikmatnya Kopi dan Manisnya Cokelat di Puslitkoka Jember

Jika biji tersebut sudah dipanggang, harganya bisa melambung jauh mencapai 1.200 dollar Amerika Serikat untuk setiap pon nya.

Pihak Klatch Coffe membeli 10 pon biji itu dari lelang kopi yang diselenggarakan oleh Specialty Coffee Association of Panama pada tahun 2018.

"Kopi ini tidak dipanggang seperti yang Anda dapatkan di tempat lain. Ini dipanggang bagaimana kopi dulu dipanggang," kata salah satu pemilik lokasi Klatch di San Francisco, Bo Thiata seperti dikutip dari CNN Travel, Jumat (17/05/2019).

Selain dapat mencicipi langsung, pihak Klatch menawarkan pengiriman 18 gram kopi biji utuh dan instruksi penyeduhan kepada pelanggan yang ingin mencoba kopi termahal ini, namun terkendala masalah akses lokasi.




Close Ads X