Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Pasar di Solo, Tempat Berburu Barang Antik hingga Oleh-oleh

Kompas.com - 18/05/2019, 15:07 WIB
Nur Rohmi Aida,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika Anda mendatangi Kota Solo, dan mungkin sedang membutuhkan beberapa barang untuk dibeli, mungkin Anda bisa menjelajahi tempat-tempat berikut.

Solo memiliki beberapa tempat yang bisa digunakan untuk mencari barang. Kota ini lumayan komplit menjual beraneka rupa barang dengan harga yang terkenal miring.

Beberapa tempat tersebut, diantaranya adalah:

1. Pasar Klewer

Pasar Klewer di Solo, Jawa Tengah, Kamis (14/6/2018).KOMPAS.com/Labib Zamani Pasar Klewer di Solo, Jawa Tengah, Kamis (14/6/2018).
Pasar Klewer merupakan Pasar yang menjual aneka rupa jenis sandang mulai dari baju dalam, hingga kebaya. Harga yang ditawarkan di Pasar Klewer rata-rata memiliki harga yang murah. Pasar Klewer merupakan pusatnya kulakan pakaian di wilayah sekitar Solo Raya.

Sempat mengalami kebakaran beberapa waktu lalu, kini Pasar Klewer dibangun kembali menjadi lebih modern dilengkapi fasilitas lift dan escalator. Lokasi Pasar yang dekat dengan Keraton Solo maupun Masjid Agung Solo membuaat Pasar ini sebagai pilihan para wisatawan untuk membeli oleh-oleh.

2. Pasar Gede

Pasar Gede di Kota Solo.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Pasar Gede di Kota Solo.
Pasar Gede merupakan pasar yang menjual beraneka rupa jenis barang. Di pasar ini Anda bisa menemukan berbagai jenis panganan, sayur, buah dan beragam barang lain.

Pasar ini juga terkenal sebagai tempat untuk mencari simplisia, atau tumbuhan untuk bahan pembuatan jamu.

Jika Anda mencari plastik ataupun peralatan dapur, Anda juga bisa mencarinya kemari. Pasar Gede terkenal komplit dan memiliki harga murah. Pasar ini sekaligus ikon wisata dari Kota Solo. Tepat di depan pasar terdapat jam besar di tengah jalan yang sangat khas sebagai penanda dari Pasar Gede.

3. Pasar Kabangan

Seorang pekerja menyelesaikan pembuatan anglo di Pasar Kabangan, Solo, JatengANTARA/Hasan Sakri Ghozali Seorang pekerja menyelesaikan pembuatan anglo di Pasar Kabangan, Solo, Jateng
Apabila Anda mencari berbagai peralatan masak, anglo, ember, atau property rumah berbahan plastik, mungkin Anda bisa mendatangi Pasar Kabangan.

Pasar ini berlokasi di dekat Kampung Batik Laweyan, di sebebrang jalan Hotel Malioboro. Lokasinya yang berada di tepian jalan raya, membuat Pasar Kabangan mudah terlihat dan sangat mudah untuk dijangkau.

4. Pasar Oleh-oleh Jongke

Pasar Oleh-oleh JongkeTribun Solo Pasar Oleh-oleh Jongke
Jika Anda mencari berbagai panganan untuk oleh-oleh, mungkin Anda bisa datang ke Kawasan Jongke. Di daerah ini, ada cukup banyak toko-toko yang menjual aneka macam oleh-oleh.

Menariknya, bukan hanya oleh-oleh Solo saja yang dijual, tetapi juga oleh-oleh dari berbagai daerah.

5. Pasar Klithikan Notoharjo

Pasar Klithikan SoloTribun Solo Pasar Klithikan Solo
Pasar Klithikan yang berlokasi di daerah Semanggi merupakan pasar yang menjual berbagai barang bekas yang kerapkali dianggap tidak terpakai. Dari mulai onderdil bekas, kipas angin bekas, maupun printilan alat-alat elektronik dijual di sini.

Beraneka barang antik dan unik yang sudah jarang ditemui pun ikut dijual di Pasar Klithikan. Pasar ini buka dari pagi hingga sore sekitar pukul 17.00 WIB.

6. Pasar Triwindu

Pasar Triwindu di Solo.Kompas.com/Silvita Agmasari Pasar Triwindu di Solo.

Pasar ini berada di kawasan Ngarsopuro, cukup terkenal di Solo sebagai Pasar yang kerap dikunjungi turis-turis asing lantaran barang-barang yang dijual di Pasar Triwindu merupakan barang-barang unik.

Anda bisa menemukan berbagai jenis tembaga, perunggu yang terwujud dalam alat-alat kuno seperti alat untuk menakar minyak tanah, alat masak, atau Anda juga bisa menemukan koin-koin kuno yang sudah sangat jarang ada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com