Niat Masyarakat Berkunjung ke Museum Semakin Tinggi

Kompas.com - 19/05/2019, 09:21 WIB
Lansia dari Panti Werdha Sasana Bina Mulya jalan-jalan ke Museum Nasional, Kamis (29/9/2016). Kegiatan ini dalam rangka Site Visit Busway yang diselenggarakan PT Transjakarta. Kompas.com/Kurnia Sari AzizaLansia dari Panti Werdha Sasana Bina Mulya jalan-jalan ke Museum Nasional, Kamis (29/9/2016). Kegiatan ini dalam rangka Site Visit Busway yang diselenggarakan PT Transjakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Museum kini jadi salah satu destinasi andalan masyarakat untuk berwisata. Kepala Subdirektorat Permuseuman, Dit. PCMB, Dedah menyebutkan masyarakat kini semakin berminat untuk berkunjung ke museum.

"Alhamdulillah apresiasi masyarakat terhadap museum sudah meningkat jauh. Ada peningkatan kunjungan dan apresiasi yang signifikan di museum-museum, terutama museum-museum besar di Jakarta seperti Museum Nasional dan museum-museum di daerah Kota Tua," kata Dedah saat dihubungi KompasTravel, Jumat (17/5/2019).

Dedah menyebutkan hal ini terjadi lantaran museum-museum juga berupaya 'menjemput bola' dengan mengadakan berbagai program dan penambahan fasilitas yang menarik.

Baca juga: Berkunjung ke Museum Kata Andrea Hirata

Misalnya di Museum Nasional, fasilitas seperti virtual reality dan augmented reality ditambahkan untuk mempermudah masyarakat mendapat informasi sekaligus memiliki pengalaman interaksi

"Dari Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Museum membantu kegiatan pameran dan aktivitas edukasi di museum-museum. Kami mencoba mengupayakan museum dapat berlajan dengan baik dengan masyarakat," kata Dedah.

Museum Bahari kembali dibuka Selasa (23/1/2018)Kompas.com/Setyo Adi Museum Bahari kembali dibuka Selasa (23/1/2018)
Untuk menyebarkan informasi acara dan edukasi kepada masyarakat, museum-museum juga diwajibkan mengelola akun media sosial. Menurut Dedah media sosial berperan sangat besar untuk menarik minat masyarakat untuk berkunjung.

Dalam waktu dekat ada Museum Bahari Jakarta yang melaksanana pameran, seminar, dan lomba yang diselenggarakan sejak 19 Mei-31 Juni 2019. Kemudian Dedah menyebutkan akan pameran dan edukasi museum kesejarahan dari Kemendikbud di Cirebon.

Pada 12 Oktober 2018 juga akan diperingati Hari Museum Nasional. Pada momen tersebut banyak museum yang akan menyelenggarakan acara dan edukasi menarik untuk masyarakat.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X