Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Niat Masyarakat Berkunjung ke Museum Semakin Tinggi

Kompas.com - 19/05/2019, 09:21 WIB
Silvita Agmasari,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Museum kini jadi salah satu destinasi andalan masyarakat untuk berwisata. Kepala Subdirektorat Permuseuman, Dit. PCMB, Dedah menyebutkan masyarakat kini semakin berminat untuk berkunjung ke museum.

"Alhamdulillah apresiasi masyarakat terhadap museum sudah meningkat jauh. Ada peningkatan kunjungan dan apresiasi yang signifikan di museum-museum, terutama museum-museum besar di Jakarta seperti Museum Nasional dan museum-museum di daerah Kota Tua," kata Dedah saat dihubungi KompasTravel, Jumat (17/5/2019).

Dedah menyebutkan hal ini terjadi lantaran museum-museum juga berupaya 'menjemput bola' dengan mengadakan berbagai program dan penambahan fasilitas yang menarik.

Baca juga: Berkunjung ke Museum Kata Andrea Hirata

Misalnya di Museum Nasional, fasilitas seperti virtual reality dan augmented reality ditambahkan untuk mempermudah masyarakat mendapat informasi sekaligus memiliki pengalaman interaksi

"Dari Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Museum membantu kegiatan pameran dan aktivitas edukasi di museum-museum. Kami mencoba mengupayakan museum dapat berlajan dengan baik dengan masyarakat," kata Dedah.

Museum Bahari kembali dibuka Selasa (23/1/2018)Kompas.com/Setyo Adi Museum Bahari kembali dibuka Selasa (23/1/2018)
Untuk menyebarkan informasi acara dan edukasi kepada masyarakat, museum-museum juga diwajibkan mengelola akun media sosial. Menurut Dedah media sosial berperan sangat besar untuk menarik minat masyarakat untuk berkunjung.

Dalam waktu dekat ada Museum Bahari Jakarta yang melaksanana pameran, seminar, dan lomba yang diselenggarakan sejak 19 Mei-31 Juni 2019. Kemudian Dedah menyebutkan akan pameran dan edukasi museum kesejarahan dari Kemendikbud di Cirebon.

Pada 12 Oktober 2018 juga akan diperingati Hari Museum Nasional. Pada momen tersebut banyak museum yang akan menyelenggarakan acara dan edukasi menarik untuk masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com