KILAS

Mudik ke Solo, Jangan Lupa Sambangi Tempat Ini

Kompas.com - 20/05/2019, 14:40 WIB
Salah satu obyek wisata yang wajib disambangi saat berkunjung ke Kota Solo adalah Keraton Surakarta HadiningratDok. Kemenpar Salah satu obyek wisata yang wajib disambangi saat berkunjung ke Kota Solo adalah Keraton Surakarta Hadiningrat

KOMPAS.com - Solo merupakan salah satu daerah tujuan wisata yang memiliki banyak atraksi dan destinasi, sehingga layak untuk disinggahi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam rilis Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang diterima oleh Kompas.com, Senin (20/5/2019).

Di sisi lain, ditambahkan oleh Arief, Solo memiliki kekompakan dalam memajukan pariwisata. Kekompakan itu datang baik dari pemerintah daerah, pengusaha, maupun masyarakat umum.

“Semangat membangun pariwisata ini akan mendorong iklim bisnis dan investasi yang kondusif di Solo. Majunya pariwisata juga akan berimbas luas hingga ke masyarakat. Roda perekonomian akan berputar lebih baik,” ujar Arief.

Jadi, jika kota Solo menjadi tujuan mudik Anda kali ini, maka kurang asyik rasanya kalau hanya berdiam diri, apalagi dalam suasana #PesonaMudik2019 seperti sekarang ini.

Lantas, apa saja yang bisa dikunjungi saat mudik ke kota yang mendapat julukan sebagai Kota Batik ini?

Berikut 10 wisata populer di Kota Solo yang bisa Anda sambangi saat berkunjung ke sana.

1. Grojogan Sewu

Wisata alam yang satu ini berada di lereng Gunung Lawu, tepatnya di Desa Sepanjang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

Air terjun Grojogan Sewu memiliki tinggi sekitar 81 meter. Dinamakan seperti itu lantaran debit airnya yang cukup besar, meski musim kemarau sekalipun volume airnya tetap saja mengalir cukup banyak.

2. Keraton Surakarta

Keraton Surakarta Hadiningrat atau Keraton Kasunanan didirikan oleh Susuhan Pakubuwono II (Sunan PB II) pada 1744.

Bangunan tersebut dibangun sebagai pengganti Keraton Kartasura yang rusak akibat Geger Pecinan pada 1743.

Meski dibuka untuk umum, namun ada beberapa tempat yang tidak boleh dimasuki oleh wisatawan, salah satunya kediaman Raja Pakubuwono.

Halaman:


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X