Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Mudik ke Solo, Jangan Lupa Sambangi Tempat Ini

Kompas.com - 20/05/2019, 14:40 WIB
Hotria Mariana,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Solo merupakan salah satu daerah tujuan wisata yang memiliki banyak atraksi dan destinasi, sehingga layak untuk disinggahi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam rilis Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang diterima oleh Kompas.com, Senin (20/5/2019).

Di sisi lain, ditambahkan oleh Arief, Solo memiliki kekompakan dalam memajukan pariwisata. Kekompakan itu datang baik dari pemerintah daerah, pengusaha, maupun masyarakat umum.

“Semangat membangun pariwisata ini akan mendorong iklim bisnis dan investasi yang kondusif di Solo. Majunya pariwisata juga akan berimbas luas hingga ke masyarakat. Roda perekonomian akan berputar lebih baik,” ujar Arief.

Jadi, jika kota Solo menjadi tujuan mudik Anda kali ini, maka kurang asyik rasanya kalau hanya berdiam diri, apalagi dalam suasana #PesonaMudik2019 seperti sekarang ini.

Lantas, apa saja yang bisa dikunjungi saat mudik ke kota yang mendapat julukan sebagai Kota Batik ini?

Berikut 10 wisata populer di Kota Solo yang bisa Anda sambangi saat berkunjung ke sana.

1. Grojogan Sewu

Wisata alam yang satu ini berada di lereng Gunung Lawu, tepatnya di Desa Sepanjang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

Air terjun Grojogan Sewu memiliki tinggi sekitar 81 meter. Dinamakan seperti itu lantaran debit airnya yang cukup besar, meski musim kemarau sekalipun volume airnya tetap saja mengalir cukup banyak.

2. Keraton Surakarta

Keraton Surakarta Hadiningrat atau Keraton Kasunanan didirikan oleh Susuhan Pakubuwono II (Sunan PB II) pada 1744.

Bangunan tersebut dibangun sebagai pengganti Keraton Kartasura yang rusak akibat Geger Pecinan pada 1743.

Meski dibuka untuk umum, namun ada beberapa tempat yang tidak boleh dimasuki oleh wisatawan, salah satunya kediaman Raja Pakubuwono.

Wisatawan hanya diperbolehkan masuk ke pendopo besar di dalam Sasana Sewaka. Tempat tersebut biasa dipergunakan untuk pertunjukan tari dan gamelan.

Selain itu, pengunjung bisa pula menyambangi museum yang ada di dalam kawasan Keraton Kasunanan.

Sebab di museum tersebut terdapat banyak koleksi kerajaan yang tersimpan seperti kereta kencana, tandu, patung, senjata kuno dan lain-lain.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com