Mudik ke Solo, Ini 5 Alasan Naik Batara Kresna

Kompas.com - 20/05/2019, 15:10 WIB
Railbus Batara Kresna      KOMPAS.com/NUR ROHMI AIDA Railbus Batara Kresna

KOMPAS.com – Jika berencana mudik ke Solo lebaran ini, Anda bisa mencoba naik Railbus Batara Kresna untuk mengisi kegiatan. Kereta Batara Kresna akan membawa Anda menuju ke Kabupaten Wonogiri.

Railbus Batara Kresna merupakan kereta perintis yang mulai beroperasi sekitar tahun 2012. Kereta berwarna dominasi merah dan putih ini sekarang hanya mengoperasikan 3 gerbong kereta.

Berikut lima alasan untuk naik Batara Kresna menuju Wonogiri:

1. Tiket yang murah

Untuk naik Kereta Batara Kresna Anda hanya perlu membayar tiket Rp 4.000. Jauh lebih terjangkau jika dibandingkan Anda naik bus dari Solo ke Wonogiri yang berkisar Rp 10.000- Rp 15.000.

Namun Kereta Batara Kresna dalam sehari hanya beroperasi dua kali dari Solo ke Wonogiri, begitu pula sebaliknya. Jadwal keberangkatan hanya ada pukul 06.00 WIB dan pukul 10.00 WIB dari Stasiun Purwosari.

2. Jalur Lama Stasiun Wonogiri

Jalur Stasiun Solo hingga ke Wonogiri sempat mati suri selama beberapa waktu. Namun semenjak Railbus Batara Kresna dioperasikan, Anda bisa melalui lagi jalur-jalur stasiun lama dari Wonogiri ke Solo.

Beberapa stasiun yang akan dilalui nanti adalah Stasiun Solo Kota, Stasiun Sukoharjo, Stasiun Nguter, dan berakhir di Stasiun Wonogiri.

3. Berkecepatan 30-40 km/jam

Railbus Batara Kresna memiliki laju kecepatan berkisar 30-40 km/jam. Laju yang tidak terlalu kencang, cocok digunakan sebagai kereta wisata terutama wisata keluarga sembari mengajak anak-anak.

Pemandangan yang disajikan adalah hamparan persawahan, serta hutan jati yang masih cukup banyak ada di jalur Solo-Sukoharjo-Wonogiri.

4. Melaju di Jalan Raya

Salah satu hal unik dari Railbus Batara Kresna adalah lokasi rel yang berada di tepian jalan raya. Semenjak lepas dari Stasiun Purwosari hingga menuju Stasiun Kota, Railbus Batara Kresna akan melewati rel kereta yang ada di tepian jalan raya.

Anda bisa mengintip pemandangan area Slamet Riyadi dari mulai bangunan-bangunannya, orang-orang yang melintas di sana, juga kendaraan-kendaraan yang melaju bersisian dengan kereta

5. Alternatif Transportasi Untuk Wisata Ke Wonogiri

Usai naik Railbus Batara Kresna, Anda bisa melanjutkan berwisata ke beberapa tempat wisata yang ada di Wonogiri. Anda bisa datang ke Gunung Gandul yang jalur aksesnya tidak terlalu jauh dari stasiun, atau Waduk Gajah Mungkur dengan naik angkot dari terminal induk di samping Pasar Wonogiri.




Close Ads X