7 Fakta Menarik Tentang Menara Siger, Ikon Provinsi Lampung

Kompas.com - 22/05/2019, 06:05 WIB
Menara Siger
     KOMPAS.com/NUR ROHMI AIDA Menara Siger

KOMPAS.com – Menyebrang dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni, Anda akan disuguhi pemandangan cantik berupa hamparan luas lautan yang membiru. Pemandangan kian elok jika Anda berlayar pada sore hari. Paduan semburat matahari makin mempercantik tampilan laut Selat Sunda yang tenang.

Beberapa saat sebelum kapal hendak tiba, menatap daratan Pulau Sumatera, penampakan Menara Siger menjadi pemandangan yang khas. Inilah ikon yang menjadi penanda bahwa Pulau Sumatera sebentar lagi akan Anda capai.

Jika selama ini Anda terpesona dengan bangunan seperti mahkota berwarna kuning merah tersebut, berikut KompasTravel mencoba merangkum beberapa fakta tentangnya.

1. Memiliki Ketinggian 32 meter

Penampakan Menara Siger sebelum sampai di Pelabuhan Bakauheni
     KOMPAS.com/NUR ROHMI AIDA Penampakan Menara Siger sebelum sampai di Pelabuhan Bakauheni

Bangunan Menara Siger menjulang setinggi 32 meter di atas ketinggian Bukit Gamping yang menjulang setinggi 110 meter di atas permukaan laut. Bangunannya yang memang tinggi dan berlokasi di tempat yang tinggi, tak mengherankan jika Menara Siger terlihat jelas dari Pelabuhan Bakauheni.

2. Bangunan Tahan Gempa

Menara Siger digagas oleh Gubernur Lampung Sjachroedin ZP, dengan bantuan arsitek Ir Anshori Djausal MT. Dengan teknik pembangunan menggunakan sistem ferrocement, bangunan ini diyakini tahan terpaan angin dan guncangan gempa.

Pengembangan Mahkota Siger tidak menggunakan semen curah cor, untuk mengurangi beban, namun dengan jaringan kawat menyerupai jaring laba-laba yang akan tetap kuat sebagai struktur bangunan.

3. Titik Nol Sumatera

Tugu Nol Kilometer Sumatera di Menara SigerKOMPAS.com/NUR ROHMI AIDA Tugu Nol Kilometer Sumatera di Menara Siger

Jika Anda berjalan ke bawah dengan menuruni tangga Menara Siger, Anda akan menemukan tugu nol kilometer Sumatera.

Dari tempat ini, Anda juga bisa tahu informasi seputar jarak, seperti jarak Bakauheni ke Banda Aceh mencapai 2.652 kilometer.

4. Bangunan dengan Berbagai Makna

Halaman:



Close Ads X