Panduan Mendaki Gunung Cumbri di Wonogiri

Kompas.com - 22/05/2019, 09:06 WIB
View dari Gunung CumbriKOMPAS.com/NUR ROHMI AIDA View dari Gunung Cumbri

KOMPAS.com – Alam Wonogiri yang terdiri dari hutan dan pegunungan membuatnya memiliki cukup banyak gunung-gunung yang bisa didaki.

Namun yang menarik, gunung-gunung di wilayah Wonogiri rata-rata memiliki ketinggian yang tak sampai 1000 mdpl, sehingga kawasan pegunungan Wonogiri cocok untuk para pendaki pemula.

Nah, apabila Anda datang ke Wonogiri dan ingin mendaki salah satu gunungnya, mungkin Anda bisa mengunjungi Gunung Cumbri. Gunung ini berada di daerah perbatasan antara Purwantoro Wonogiri dan Ponorogo Jawa Timur.

Mendaki Cumbri

View Bukit Gunung CumbriKOMPAS.com/NUR ROHMI AIDA View Bukit Gunung Cumbri
Gunung Cumbri memiliki ketinggian sekitar 638 mdpl. Gunung ini menyajikan hamparan pemandangan alam perbukitan di sekitar Ponorogo dan Wonogiri.

Medannya yang cenderung mudah dibandingkan gunung-gunung lain di Jawa Tengah, menjadikan Lokasi Gunung Cumbri kerap didatangi oleh mereka yang ingin berburu sunrise maupun sunset tetapi tak terlalu ingin kelelahan melewati medan yang ekstrem.

Saat malam menjelang, pengunjung bisa melihat pemandangan gemerlap sekitar dari tujuh kabupaten yaitu Karanganyar, Ponorogo, Wonogiri, Pacitan, Madiun, Magetan dan Ngawi.

Jika mendaki Gunung ini lewat jalur depan yakni jalur Biting, Anda akan melewati beberapa jalan setapak menanjak dengan sisi-sisi berupa jurang. Meski tidak terlalu tinggi, konsentrasi mutlak diperlukan saat melewati kawasan ini.

Selain melalui jalur Biting, terdapat jalur lain menuju puncak Gunung Cumbri yang lebih mudah. Seperti melewati jalur Kepyar. Namun meski lebih sulit, jalur Desa Biting menyajikan pemandangan yang jauh lebih indah.

Dari start awal pendakian lewat jalur Biting, perjalanan menggapai puncak Cumbri bisa ditempuh sekitar 1,5 – 2 jam perjalanan.

Tips Mendaki Gunung Cumbri

Jika Anda berencana mendaki Gunung Cumbri, maka persiapkan fisik Anda sebaik mungkin. Meski bukan Gunung yang ekstrim, tetapi alam bukanlah sesuatu yang bisa dipandang remeh.

Apabila Anda berencana datang ke Gunung Cumbri untuk mengejar sunrise, maka Anda bisa mendirikan tenda di Gunung ini atau datang sekitar pukul 03.00 WIB kemudian mendaki ke puncaknya.

Saat datang ke Gunung Cumbri jangan lupa untuk membawa bekal makan ataupun minum karena naik ke atas Gunung ini lumayan menguras tenaga.

Rute Menuju Gunung Cumbri

Apabila Anda ingin ke Gunung Cumbri dari arah Solo, maka Anda bisa menempuh perjalanan sekitar 2,5 jam untuk sampai di jalur pendakian Gunung Cumbri via Biting.

Caranya, paculah kendaraan ke arah Wonogiri, lalu lanjutkan melewati jalur Wonogiri-Purwantoro.

Nantinya sebelum sampai di gapura perbatasan Purwantoro-Ponorogo berbeloklah ke kiri kemudian ikuti petunjuk ke arah Gunung Cumbri yang banyak dipasang di sepanjang jalan.

 




Close Ads X