Anggota Kelompok Bank Dunia Suntikkan Dana untuk Pariwisata Indonesia

Kompas.com - 22/05/2019, 10:07 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Kelompok Bank Dunia, International Finance Corporation ( IFC) menggelontorkan dana sebesar 10 juta dolar kepada operator pelayaran Aqua Expeditions untuk mendukung ekspansi bisnisnya sekaligus mendorong potensi wisata Indonesia.

Dana tersebut akan diberikan kepada Aqua Expeditions dalam bentuk kapasitas tambahan untuk mengoperasikan kapal pesiar skala kecil dengan dampak ekologis rendah ke tujuan wisata daerah terluar.

"IFC dengan bangga mendukung Aqua untuk memainkan peran vital ini untuk mengembangkan sektor pariwisata di Indonesia lebih lanjut, dengan fokus pada pengembangan potensi besar tujuan wisata di bagian timur Indonesia, khususnya yang terletak di perbatasan, atau lokasi paling luar kepulauan Indonesia," ujar IFC Country Manager untuk Indonesia, Malaysia, dan Timor Leste di The Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Selasa (21/05/2019).

Baca juga: Indonesia Inisiasi Pameran Dagang, Investasi, dan Pariwisata Pacific Exposition 2019

Adapun tujuan utama dalam rencana perjalanan Aqua Expeditions di antaranya Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo dan Maumere (Flores), Kepulauan Maluku (Ambon), dan Raja Ampat (Sorong).

Penawaran wisata unik Aqua Expeditions di tujuan daerah terluar ini mendukung inisiatif pemerintah Indonesia dalam mengembangkan tujuan pariwisata prioritas di kepulauan Indonesia secara berkelanjutan.

Azam mengatakan, sektor pariwisata menawarkan ruang yang luas untuk pertumbuhan Indonesia di masa depan. Program ini merupakan realisasi dari tujuan tersebut dan untuk menciptakan sub-sektor pariwisata baru.

Baca juga: Kembangkan Pariwisata Danau Toba, Kemenpar Buka Peluang untuk Investor

“Pelayaran ke tujuan-tujuan ini, jika dikelola secara tepat, akan membuka peluang dan bermanfaat bagi masyarakat dan bisnis lokal, khususnya usaha mikro, kecil, dan menengah di daerah sekitar. Pada gilirannya, hal tersebut akan memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia," lanjut dia.

Sementara itu, Direktur Utama sekaligus Pendiri Aqua Expeditions Francesco Galli Zugaro mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk menjaga keberlanjutan daerah operasinya serta dapat membantu mengembangkan pariwisatanya.

Kegiatan operasional Aqua Expeditions akan menyertakan komunitas lokal dalam hal penyediaan sumber lokal, mendukung bisnis lokal, dan memastikan keterlibatan masyarakat. Lebih lanjut, dukungan IFC ini akan membantu perusahaan dalam menciptakan pasar, berkontribusi pada penciptaan lapangan pekerjaan baru dan menempatkan tujuan wisata daerah terluar Indonesia di peta global.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X