Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik ke Solo, Jangan Lewatkan Naik Kereta Uap Kuno Jaladara

Kompas.com - 23/05/2019, 15:02 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

SURAKARTA, KOMPAS.com – Momen libur Hari Raya Idul Fitri akan tiba tanggal 5 Juni 2019 nanti. Biasanya banyak aktivitas yang bisa dilakukan pada momen hari libur itu mulai silaturahim hingga berwisata.

Bagi mereka yang mudik ke Kota Solo dan sekitarnya, banyak aktivitas untuk dilakukan karena memang ada beberapa acara yang digelar guna memeriahkan momen lebaran di Kota Bengawan.

Baca juga: Jelajah Kotagede, Cikal Bakal Keraton Surakarta dan Yogyakarta

Salah satu hal yang tidak boleh sampai dilewatkan saat mudik ke Solo adalah menjajal salah satu ikon Kota Bengawan, yakni Kereta Uap Kuno atau Sepur Kluthuk Jaladara.

Pada momen libur lebaran 2019 besok, yakni tanggal 6, 7, 8 Juni 2019 akan ada open trip spesial lebaran Seput Kluthuk Jaladara. Selam tiga hari, kereta uap kuno itu akan beroperasi dua kali sehari, yakni pukul 10.30 dan 14.00 WIB dari Stasiun Purwosari.

Tak Perlu Menyewa Paket Perjalanan

Biasanya mereka yang ingin menjajal kereta uap ini diharuskan untuk menyewa perjalanan dengan biaya Rp 2,5 juta. Namun pada momen libur lebaran 2019 kereta uap ini bisa dinikmati secara lebih mudah.

Mereka yang ingin merasakan sensasi perjalanan dengan Sepur Kluthuk Jaladara ini hanya tinggal membayar tiket perjalanan sebesar Rp 190.000 saja (anak usia di atas 3 tahun dikenakan full tarif). Untuk sekali jalan, kapasitas kereta uap ini adalah 60 orang.

Baca juga: Berkunjung ke Solo, Jangan Lewatkan Kesegaran Es Gempol Pleret

Tak hanya menjajal sensasi perjalanan dengan kereta uap kuno. Penumpang nantinya juga akan mendapat fasilitas berupa samir atau suvenir, pemandu wisata, snack dan minuman tradisional, train steward, sertifikat, dan voucher pembelian suvenir.

Satu hal yang spesial dalam perjalanan Sepur Kluthuk Jaladara adalah rutenya yang berada di tengah-tengah Kota Solo. Kereta ini akan melintasi jalur rel yang berada di samping jalan utama Kota Bengawan, Jalan Slamet Riyadi.

Rute perjalanan kereta uap dimulai dari Stasiun Purwosari, rel bengkong, Loji Gandrung, Sriwedari, Pasar Pon/Pasar Antik Triwindu, Kampung Batik, kemudian kembali lagi ke Stasiun Purwosari.

Baca juga: Blusukan di Pasar Gede Solo, Nikmati Kesegaran Es Dawet Telasih

Open trip Sepur Kluthuk Jaladara ini diadakan oleh Sinergi Event. Tiket perjalanan bisa didapatkan di Dinas Perhubungan Kota Surakarta dan Sinergi Event Solo, atau pesan di 081228546638. Pembayaran maksimal H-3 sebelum keberangkatan trip yang dipilih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com