Awas, Sanksi Menanti Pendaki Merbabu saat Jalur Ditutup

Kompas.com - 23/05/2019, 20:08 WIB
Gunung Merbabu. Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaGunung Merbabu.

BOYOLALI, KOMPAS.com – Saat ini pendakian Gunung Merbabu, Jawa Tengah, sedang ditutup dari tanggal 20 Mei -20 Juni 2019 karena kondisi jalur yang mengalami kerusakan cukup parah.

Penutupan itu ditujukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan pendakian. Selain itu, pihak Balai Taman Nasional Gunung Merbabu selaku pengelola juga akan melakukan perbaikan di jalur yang rusak.

Baca juga: Per 20 Mei 2019, Pendakian Gunung Merbabu Ditutup Satu Bulan

Penutupan itu tidak hanya ditujukan untuk satu jalur. Penutupan berlaku untuk semua jalur pendakian resmi Gunung Merbabu, yakni Selo, Suwanting, Wekas, Cunthel, dan Thekelan.

Tentu saja penutupan jalur pendakian Gunung Merbabu harus dipatuhi oleh semua kalangan pendaki, mengingat gunung setinggi 3.142 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini merupakan tujuan favorit para pendaki seluruh Indonesia.

Sanksi bagi mereka yang nekat mendaki

Pihak Balai Taman Nasional Gunung Merbabu juga menerapkan langkah untuk melancarkan keputusan penutupan jalur pendakian ini. Salah satu langkah adalah memberikan sanksi bagi mereka yang melanggar peraturan dengan nekat mendaki.

Infomarsi mengenai sanksi tersebut disampaikan oleh PLH Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu, Johan Setiawan saat ditemui KompasTravel di kantornya, Kamis(22/05/2019).

Baca juga: 4 Tips Mendaki Gunung Andong pada Hari Libur

“Jadi kita akan interogasi, masuk berita acara, kemudian ada sanksi. Kan sebenarnya ketentuan untuk masuk taman nasional itu ada aturannya sendiri. Kami sebagai pengelola  taman nasional, dengan alasan kelestarian bisa kami tutup,” ujar dia.

Johan melanjutkan, saat ditutup, kawasan taman nasional sementara bukan untuk pendakian. Jika ada yang mendaki, akan dilakukan interogasi interogasi. Ketentuan denda seperti membayar tiket berapa kali lipat juga kan diterapkan sebagai hukuman.

Gunung Merbabu Dilihat dari New Selo, BoyolaliKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Gunung Merbabu Dilihat dari New Selo, Boyolali

“Ada juga sanksi sosial, misalnya kita minta untuk membantu bersih gunung atau sebagainya, itu bisa dilakukan,” imbuh Johan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X