Mudik Lewat Cirebon, Jangan Lupa Cicipi Segarnya Es Tawuran...

Kompas.com - 23/05/2019, 22:10 WIB
Es Tawuran, salah satu minuman segar khas Cirebon, Jawa Barat. Kompas.com/SHERLY PUSPITAEs Tawuran, salah satu minuman segar khas Cirebon, Jawa Barat.

CIREBON, KOMPAS.com - Namanya Es Tawuran, minuman khas Cirebon, Jawa Barat yang patut Anda coba. Bukan hanya namanya yang unik, melainkan minuman ini juga memiliki cita rasa yang segar sehingga cocok dinikmati saat menempuh perjalanan mudik.

Dilihat dari komposisinya, minuman khas Cirebon, Jawa Barat ini memang tak jauh berbeda dari es campur pada umumnya.

Irisan alpukat, timun suri, melon dicampur dengan kuah manis perpaduan santan, susu kental manis, dan es batu membuat minuman ini sangat menyegarkan.

Yang berbeda, minuman ini dilengkapi dengan irisan jelly dan nata de coco, kemudian disajikan di dalam batok kelapa.

Namun sayangnya, kini penggunaan batok kelapa sebagai wadah Es Tawuran semakin sulit ditemui. Para pedagang beralih menggunakan gelas kaca atau gelas plastik untuk menyajikan Es Tawuran.

Es taruran dapat dengan mudah Anda temui di Cirebon. Salah satu warung yang menyediakan menu ini adalah Warung Es Taeuran yang terletak di Jalan Ir H. Juanda No.24, Battembat, Kecamatan Tengah Tani, Cirebon, Jawa Barat.

Harga Es Tawuran di warung es ini sangat terjangkau, yaitu Rp 10.000 per gelasnya.

Selain Es Tawuran, di sekitar warung es ini Anda dapat menemukan berbagai warung yang menjual makanan khas Cirebon lainnya seperti Empal Gentong, Empal Asem, hingga Nasi Lengko.

Bagaimana tertarik mencoba?

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X