Kompas.com - 24/05/2019, 13:15 WIB

KOMPAS.com Australia merupakan negara alternatif tujuan untuk wisata ke luar negeri. Ada banyak keunikan dan keajaiban alam yang layak untuk dikunjungi di sana. Selain itu, Australia juga tidak terlalu jauh dari Indonesia.

Namun selain indah, Australia juga menyimpan bahaya yang harus diwaspadai. Bahaya itu berasal dari alam berupa satwa-satwa yang mematikan. Tak hanya di darat, satwa berbahaya itu juga ada di air.

Baca juga: Liburan ke Australia, Waspadai 4 Hewan Darat yang Berbahaya Ini

Jika rencana kunjungan ke Australia adalah sungai dan pantai, ada empat hewan berbahaya yang perlu diwaspadai. Berikut ulasannya.

1. Ubur-ubur kotak

Meski merupakan hewan yang tidak bertulang, ubur-ubur merupakan pembunuh berbahaya di perairan Australia. Salah satu ubur-ubur yang berbahaya adalah ubur-ubur kotak dengan racun mematikan di tentakelnya.

Ubur-ubur Kotak dengan Tentakelnya yang Beracun.Shutterstock Ubur-ubur Kotak dengan Tentakelnya yang Beracun.
Mereka memiliki 15 tentakel yang bisa mencapai panjang tiga meter. Masing-masing tentakel memiliki sekitar 5.000 sel penyengat. Sengatan biasanya mengakibatkan korban syok dan tenggelam, hingga mengalami gagal jantung.

Lebih dari 100 tahun terakhir, ubur-ubur ini bertanggung jawab atas lebih dari 60 kematian. Keparahan sengatan tergantung dari beberapa faktor, seperti ukuran ubur-ubur dan korban.

2. Ikan pari

Hewan ini memiliki reputasi buruk usai membunuh seorang pembawa acara televisi dan pemburu buaya Australia yang terkenal, Stephen Robert Irwin pada tahun 2006 silam. Ia terbunuh oleh sengatan hewan ini yang menusuk dadanya.

Ikan Pari yang Memiliki Sengatan Berbahaya.Shutterstock Ikan Pari yang Memiliki Sengatan Berbahaya.
Meski demikian, ikan pari sebenarnya bukanlah hewan yang agresif. Sengatan itu merupakan bentuk pertahanan dirinya. Kasus sengatan ikan pari juga pernah dialami oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim pada 3 Februari 2018 silam.

Baca juga: Mengintip 5 Keajaiban Alam Benua Australia

Walaupun memiliki sengatan yang cukup berbahaya, laporan kematian karena hewan ini sangatlah sedikit. Hanya ada satu kematian yang dilaporkan, selain Steve Irwin.

3. Stonefish

Stonefish merupakan ikan paling beracun di dunia. Hewan ini biasanya bersembunyi di antara bebatuan perairan Australia. Satu hal yang membuat stonefish sangat berbahaya adalah kemampuan kamuflasenya yang luar biasa.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.