Mudik Naik Pesawat Bersama Balita, Simak Tipsnya

Kompas.com - 24/05/2019, 21:06 WIB
Ilustrasi penumpang memangku bayi di pesawat.TRAVEL AND LEISURE Ilustrasi penumpang memangku bayi di pesawat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mudik membawa bayi bisa jadi hal yang menantang, apalagi untuk perjalanan jarak jauh. Untuk itu banyak orang tua yang memiliki anak di bawah usia lima tahun memilih untuk menumpang pesawat, meskipun harga tiket pesawat terbilang lebih mahal dari transportasi lain.

Berikut adalah tips penting yang harus Anda ketahui saat mudik menumpang pesawat membawa balita:

1. Ketahui aturan maskapai untuk penumpang balita

Setiap maskapai punya peraturan berbeda mengenai penumpang bayi. Mulai dari usia yang dianjurkan, harga tiket, jatah bagasi, dan fasilitas lain yang tersedia seperti keranjang bayi.

Sebelum memesan tiket wajib untuk mengetahui aturan maskapai untuk penumpang bayi. Misalnya ada maskapai yang membutuhkan surat keterangan dokter untuk bayi usia tertentu, harga tiket bayi 10-30 persen dari orang dewasa, atau justru gratis. Serta pada usia berapa anak harus mendapat tempat duduk sendiri (tidak bisa dipangku orang tua).

2. Siapkan perlengkapan balita untuk dibawa ke bagasi kabin

Siapkan satu tas ukuran kabin berisi perlengkapan bayi, seperti popok, tisu basah, kantung kecil, baju cadangan bayi, susu dan makanan bayi (termasuk ASI yang sudah dipompa), kain yang dapat dijadikan selimut untuk bayi dan celemek menyusui bayi, serta mainan.

Untuk air panas, jika Anda menumpang maskapai berbiaya penuh dapat meminta ke pramugari. Jika maskapai berbiaya rendah, air panas biasanya dijual.

3. Sampai di bandara lebih awal

Tibalah di bandara lebih awal, agar tidak perlu terburu-buru saat check in. Anda juga dapat menyesuaikan waktu tiba di abdnara dan waktu keberangkatan dengan jadwal tidur bayi, agar selama di pesawat bayi cepat terlelap.

Misalnya jadwal keberangkatan bayi bukanlah waktu tidurnya, tiba di bandara lebih awal, bermain bersama bayi, memberi makan akan membuatnya lebih mudah tidur saat di pesawat.

4. Saat di pesawat

Usahakan untuk menyusui bayi saat pesawat lepas landas dan mendarat. Menelan akan mencegah bayi dari mengalami kesakitan telinga akibat perubahan tekanan udara. Empeng juga dapat menolong.

Jika bayi nampak resah dan rewel, ajak berkeliling di lorong kabin dan melihat-lihat, ajak beraktivitas dan bermain agar bayi tidak bosan. Jika masih resah, cari tahu apakah bayi kedinginan atau lapar.

Intinya jangan merasa sungkan untuk meminta bantuan dari kru kabin sekiranya Anda butuh pertolongan. Jangan juga merasa bersalah atau terintimidatif ketika membawa bayi menumpang di pesawat. Nikmatilah perjalanan Anda dengan si buah hati.




Close Ads X