Mudik Naik Pesawat Bersama Balita, Simak Tipsnya

Kompas.com - 24/05/2019, 21:06 WIB
Ilustrasi penumpang memangku bayi di pesawat. TRAVEL AND LEISUREIlustrasi penumpang memangku bayi di pesawat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mudik membawa bayi bisa jadi hal yang menantang, apalagi untuk perjalanan jarak jauh. Untuk itu banyak orang tua yang memiliki anak di bawah usia lima tahun memilih untuk menumpang pesawat, meskipun harga tiket pesawat terbilang lebih mahal dari transportasi lain.

Berikut adalah tips penting yang harus Anda ketahui saat mudik menumpang pesawat membawa balita:

1. Ketahui aturan maskapai untuk penumpang balita

Setiap maskapai punya peraturan berbeda mengenai penumpang bayi. Mulai dari usia yang dianjurkan, harga tiket, jatah bagasi, dan fasilitas lain yang tersedia seperti keranjang bayi.

Sebelum memesan tiket wajib untuk mengetahui aturan maskapai untuk penumpang bayi. Misalnya ada maskapai yang membutuhkan surat keterangan dokter untuk bayi usia tertentu, harga tiket bayi 10-30 persen dari orang dewasa, atau justru gratis. Serta pada usia berapa anak harus mendapat tempat duduk sendiri (tidak bisa dipangku orang tua).

2. Siapkan perlengkapan balita untuk dibawa ke bagasi kabin

Siapkan satu tas ukuran kabin berisi perlengkapan bayi, seperti popok, tisu basah, kantung kecil, baju cadangan bayi, susu dan makanan bayi (termasuk ASI yang sudah dipompa), kain yang dapat dijadikan selimut untuk bayi dan celemek menyusui bayi, serta mainan.

Untuk air panas, jika Anda menumpang maskapai berbiaya penuh dapat meminta ke pramugari. Jika maskapai berbiaya rendah, air panas biasanya dijual.

3. Sampai di bandara lebih awal

Tibalah di bandara lebih awal, agar tidak perlu terburu-buru saat check in. Anda juga dapat menyesuaikan waktu tiba di abdnara dan waktu keberangkatan dengan jadwal tidur bayi, agar selama di pesawat bayi cepat terlelap.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X