Share this page

Mencicipi Unik dan Lezatnya Sate Bebek Khas Cibeber

Kompas.com - 26/May/2019 , 03:19 WIB

Mencicipi Unik dan Lezatnya Sate Bebek Khas Cibeber

KOMPAS.com - Biasanya hanya daging ayam, sapi, atau kambing saja yang diolah menjadi sate. Akan tetapi di Cibeber, Cilegon, Banten yang disajikan justru sate bebek.

Rasanya nikmat, gurih, juga pedas sehingga sajian ini selalu diburu wisatawan yang tengah pelesir ke Cilegon.

Meskipun daging ebbek dikenal alot, tapi saat diolah menjadi sate justru malah empuk.

Ya, dDaging bebeknya memang diiris berukuran sedang. Lalu dibumbui hingga meresap. Bumbu yang digunakan adalah bawang merah, bawang putih, gula merah, cabai, ketumbar, kunyit, kemiri, lengkuas, garam, serta merica. Inilah bumbu rahasia yang membuat wisatawan selalu terkesan akan rasanya.

Nah, agar daging bebek terasa empuk dan bau amisnya hilang, potongan daging bebek harus direndam dalam bumbu selama kurang lebih satu hari baru bisa dibakar.

Setelah bumbu dirasa cukup meresap, daging baru ditusuk dengan tusukan sate dan dibakar di atas bara api hingga matang.

Kalau sudah matang, sate ini disajikan dengan irisan timun dan tomat, tanpa kuah kecap atau kuah kacang lagi karena dagingnya sudah kaya rasa.

Namun biasanya banyak rumah makan sate bebek yang tetap menyediakan kuah kecap, kuah kacang, serta sambal sebagai teman bersantap agar sate terasa lebih nendang.

Warung-warung makan penyedia menu ini juga biasanya menyiapkan menu bebek lainnya, yakni sup sebagai pendamping sate. Rasanya yang gurih serta pedas sangat pas dipadukan dengan gurihnya sate. Ditemani sepiring nasi panas, rasanya makin lengkap.

Untuk mencicipi sate bebek yang lezat dan empuk, Sobat Pesona bisa mampir ke Rumah Makan Cindelaras yang ada di Jalan Jenderal Ahmad Yani di Cilegon. Rumah Makan yang berdiri sejak 1992 ini.

Di kala jam makan siang biasanya restoran ini padat oleh pembeli yang ingin menikmati sate bebek.

Sate bebek di restoran ini dipatok seharga Rp15.000, sedangkan sup bebek yang biasa dikenai harga Rp7.000-Rp10.000. harga yang terjangkau untuk sajian istimewa.

Baca artikel seru lainnya tentang Banten berikut ini:

Menjelajah Sungai Cigenter, Amazon di Ujung Kulon

3 Destinasi Pemicu Adrenalin di Taman Nasional Ujung Kulon

Pantai Sawarna, Cantik dan Eksotik Maksimal di Musim Kemarau

Indonesia masih punya ragam kuliner menarik lainnya. Telusuri informasinya sebelum merasakan langsung lewat Pesona Indonesia.

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya