Ini 10 Destinasi Wisata dan Kuliner di Garut Rekomendasi Kemenpar

Kompas.com - 26/05/2019, 06:21 WIB
Suasana lokasi wisata Situ Bagendit di Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (26/3/2019). Pemerintah Pusat dan Pemprov Jabar akan merevitalisasi Situ Bagendit seluas 150 hektare menjadi destinasi wisata kelas dunia dengan mengalokasi anggaran sebesar Rp130 miliar yang akan dimulai pada tahun 2019 ini. ANTARA FOTO/ADENG BUSTOMISuasana lokasi wisata Situ Bagendit di Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (26/3/2019). Pemerintah Pusat dan Pemprov Jabar akan merevitalisasi Situ Bagendit seluas 150 hektare menjadi destinasi wisata kelas dunia dengan mengalokasi anggaran sebesar Rp130 miliar yang akan dimulai pada tahun 2019 ini.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda mudik lewat Garut, Jawa Barat, tidak ada salahnya untuk mampir sejenak. Kabupaten satu ini punya banyak destinasi wisata unggulan, baik gunung, pantai, maupun pemandian air panas.

Di samping itu kuliner di Garut juga tak kalah lezat dengan kabupaten lain. Khususnya bagi pecinta makanan Sunda yang terkenal dengan aneka lalap dan sambal super pedas.

Berikut adalah rekomendasi destinasi wisata dan kuliner di daerah Garut:

1. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan merupakan salah satu gunung yang cocok didaki oleh para pendaki pemula. Gunung ini memiliki ketinggian 2.665 meter diatas permukaan laut, membuatnya tidak terlampau tinggi.

Terlebih di Gunung Papandayan medan pendakian terbilang landai, terdapat banyak sumber air bersih, fasiitas toilet, warung makan yang juga menjual pasokan minuman.

2. Situ Bagendit

Situ bagendit merupakan danau yang berada di Kecamatan Banyuresmi. Di danau ini pengunjung dapat melihat pemandangan pegunungan dan berwisata naik rakit.

Danau ini sempat menjadi sorotan ketika Presiden Joko Widodo memangkas rambut di depan danau.

Presiden Joko Widodo dipangkas rambutnya oleh Herman, tukang cukur langganannya di acara cukur massal yang diadakan di Situ Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1/2019). TRIBUN JABAR/FIRMAN WIJAKSANA Presiden Joko Widodo dipangkas rambutnya oleh Herman, tukang cukur langganannya di acara cukur massal yang diadakan di Situ Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1/2019).
3. Candi Cangkuang

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Garut juga punya candi, dan uniknya Candi Cangkuang adalah satu-satunya penemuan Candi Hindu di Tanah Sunda.

Candi Cangkuang berada di Desa Cangkuang yang dikelilingi oleh empat gunung.

4. Pantai Sayang Heulang

Pantai ini merupakan salah satu pantai populer di Garut. Pantai ini terletak di Desa Mancagahar, dengan ciri khas batu karas di sepanjang garis pantai.

Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Santolo, tempat yang cocok untuk melihat matahari tenggelam.

Pantai Rancabuaya GarutDOK. Disparbud Kab. Garut Pantai Rancabuaya Garut
5. Pantai Rancabuaya

Pantai ini sempat menjadi lokasi syuting film yang diadaptasi dari novel, Perahu Kertas. Akses jalan menuju pantai ini sudah cukup baik, dan daerah wisata yang dikelola oleh masyarakat sekitar.

Di sana juga terdapat banyak rumah makan dan penginapan semisal ingin menghilangkan penat perjalanan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X