Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/05/2019, 06:21 WIB
Silvita Agmasari,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda mudik lewat Garut, Jawa Barat, tidak ada salahnya untuk mampir sejenak. Kabupaten satu ini punya banyak destinasi wisata unggulan, baik gunung, pantai, maupun pemandian air panas.

Di samping itu kuliner di Garut juga tak kalah lezat dengan kabupaten lain. Khususnya bagi pecinta makanan Sunda yang terkenal dengan aneka lalap dan sambal super pedas.

Berikut adalah rekomendasi destinasi wisata dan kuliner di daerah Garut:

1. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan merupakan salah satu gunung yang cocok didaki oleh para pendaki pemula. Gunung ini memiliki ketinggian 2.665 meter diatas permukaan laut, membuatnya tidak terlampau tinggi.

Terlebih di Gunung Papandayan medan pendakian terbilang landai, terdapat banyak sumber air bersih, fasiitas toilet, warung makan yang juga menjual pasokan minuman.

2. Situ Bagendit

Situ bagendit merupakan danau yang berada di Kecamatan Banyuresmi. Di danau ini pengunjung dapat melihat pemandangan pegunungan dan berwisata naik rakit.

Danau ini sempat menjadi sorotan ketika Presiden Joko Widodo memangkas rambut di depan danau.

Presiden Joko Widodo dipangkas rambutnya oleh Herman, tukang cukur langganannya di acara cukur massal yang diadakan di Situ Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1/2019). TRIBUN JABAR/FIRMAN WIJAKSANA Presiden Joko Widodo dipangkas rambutnya oleh Herman, tukang cukur langganannya di acara cukur massal yang diadakan di Situ Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1/2019).
3. Candi Cangkuang

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Garut juga punya candi, dan uniknya Candi Cangkuang adalah satu-satunya penemuan Candi Hindu di Tanah Sunda.

Candi Cangkuang berada di Desa Cangkuang yang dikelilingi oleh empat gunung.

4. Pantai Sayang Heulang

Pantai ini merupakan salah satu pantai populer di Garut. Pantai ini terletak di Desa Mancagahar, dengan ciri khas batu karas di sepanjang garis pantai.

Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Santolo, tempat yang cocok untuk melihat matahari tenggelam.

Pantai Rancabuaya GarutDOK. Disparbud Kab. Garut Pantai Rancabuaya Garut
5. Pantai Rancabuaya

Pantai ini sempat menjadi lokasi syuting film yang diadaptasi dari novel, Perahu Kertas. Akses jalan menuju pantai ini sudah cukup baik, dan daerah wisata yang dikelola oleh masyarakat sekitar.

Di sana juga terdapat banyak rumah makan dan penginapan semisal ingin menghilangkan penat perjalanan.

6. Talaga Bodas

Talaga Bodas sejatinya adalah kawah dari aktivitas vulkanik aktif. Lokasinya berada di Kecamatan Wanaraja, sekitar 20 kilometer dari Kota Garut. Di sini pengunjung dapat menemui kawah degan air biru muda dan pemandangan pengunungan dengan hawa yang sejuk.

7. Leuwi Tonjong

Obyek wisata satu ini terbilang unik. Pengunjung dapat menemui danau hijau dengan tebing tinggi yang mengapit dan terdapat celah yang dapat dilalui dengan perahu kecil. Tiba di ujung celah terdapat air terjun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com