8 Destinasi Wisata dan Kuliner Unggulan di Sekitar Salatiga

Kompas.com - 27/05/2019, 08:04 WIB
Kopeng Treetop di Kaki Gunung Merbabu.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Kopeng Treetop di Kaki Gunung Merbabu.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata memberikan rekomendasi unggulan untuk destinasi wisata dan kuliner unggulan untuk beberapa daerah di Indonesia. Salah satunya adalah Salatiga, kota yang terletak di antara Semarang dan Surakarta ini terbilang strategis.

Iklim yang sejuk dengan banyak kuliner lezat menjadikan destinasi ini menarik untuk disinggahi selama perjalanan mudik. Berikut adalah rekomendasi destinasi wisata dan kuliner di Salatiga dari Kementerian Pariwisata:

1. Agrowisata Petik Stroberi

Iklim yang sejuk membuat tumbuhan seperti stroberi tumbuh subur di Salatiga. Salah satu agrowisata petik stroberi adalah Kopeng Gunungsari di Getasan. Selain memetik buah stroberi, pengunjung juga dapat mengikuti outbound dan menginap di sekitar lokasi.

2. Atlantic Dreamland

Salah satu waterpark populer yang terletak di Jalan Soekarno Hatta, Kecamatan Argomulyo, Kabupaten Salatiga, Jawa Tengah. Kolam renang ini juga terdapat fasilitas hiburan lain, yakni waterboom, boom boom car, jet coaster, flying fox, theater, roller coaster mini, ATV, dan lainnya.

3. Bukit Cinta Kopeng

Lokasi Bukit Cinta Kopeng berdekataan dengan Dana Rawa Pening. Sehingga wisatawan dapat menikmati wisata air seperti naik perahu. Di kawasan Bukit Cita juga terdapat taman bermain anak-anak dan gaezebo yang cocok untuk bersantai.

4. Bukit Harap Cuntel

Bukit ini beradap di kawasan Cuntel, Kopeng. Pengunjung dapat melihat pemandangan Gunung Andong, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing dan Gunung Prau jika cuaca sedang cerah dari Bukit Harapan Cuntel.

5. Goa Rong View

Salah satu titik terbaik melihat pemandangan matahari tenggelam di Salatiga yakni Goa Rong View. Saat cuaca cerah bahkan Semarang tampak dari sini. Saat akhir pekan atau musim libur, biasanya tempat ini ramai pengunjung.

Deretan perahu menepi di Rawa Pening, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.Shutterstock Deretan perahu menepi di Rawa Pening, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

6. Kampung Apung Rawa Pening 

Danau Rawa Pening merupakan danau alami paling luas di Pulau Jawa. Kampung ini sebenarnya masuk ke daerah Ambarawa, ada berbagai restoran dan anjungan foto di kawasan ini dan tentunya wisata air.

7. Kopeng Tree Top

Kawasan petualangan tempat wisatawan dapat camping, outbound, bermain FTV, dan bersantap di alam. Selain itu wisatawan juga dapat berfoto di tengah hutan yang fotogenic.

8. Agrowisata Salib Putih

Inilah lokasi wisata keluarga dengan tempat piknik dengan taman nan indah, tempat outbond dan berenang. Lokasinya berada di kaki Gunung Merbabu. Di lokasi ini juga tersedia fasilitas untuk berkemah dan outbound.

Sedangkan rumah makan rekomendasi di Saltiga ada Bak Paw Luber, Bakso Planet, Es Cobra, Godhong Pring, MJ food Center, RM Sate Kambing Muda Blotongan, Ronde Sekoteng JAGO, Singkong Keju D9, Warung joglo Bu Rini, dan Warung Sate Suruh.



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X